Mobil balap seringkali dianggap sebagai sebuah benda yang tidak ramah lingkungan, menghasilkan emisi tinggi, dan boros bahan. Apalagi banyak mobil balap yang bahkan perlu mesin baru setelah satu balap karena tingkat stres yang dialaminya.

Tapi kini tidak demikian, banyak balapan yang semakin mengedepankan lingkungan. Bahkan F1 saja sudah menggunakan mesin hybrid dan membatasi konsumsi bahan bakar selama ajang balapan.

Balap mobil elektrik pun juga sudah banyak dijalankan, misalnya Formula E yang bisa dibilang balap seperti F1 hanya saja mobilnya menggunakan motor listrik, bukan mesin pembakaran internal.

Nah, Porsche ingin mobil balap menjadi semakin ramah lingkungan. Selain mereka akan mengembangkan teknologi motor listrik, mobil balap ini akan menggunakan bodi dengan bahan berkelanjutan dan memiliki serat alami.

Mobil tersebut adalah Porsche Mission R, sebuah mobil balap berkekuatan lebih dari 1.000 Hp dengan bahan berkelanjutan, seperti plastik yang diperkuat serat alami, dengan semangat balap.

Pertama-tama, tenaga. Tenaga bias tersebut didapatkan dari 2 motor listrik yang baru dikembangkan yang tergabung dalam Porsche Mission R menghasilkan hingga 800 kW (1.088 PS) dalam apa yang disebut mode kualifikasi. Kapasitas baterai sekitar 80 kWh dan sistem pemulihan yang inovatif memungkinkan sprint racing tanpa kehilangan output.

Mobil ini bisa berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 2,5 detik. Kecepatan tertinggi melebihi 300 km/jam. Di trek balap, pembalap mobil elektrik dapat mencapai performa waktu putaran yang sama dengan Porsche 911 GT3 Cup saat ini. Berkat motor listrik dan sel baterai yang baru, semuanya dilengkapi dengan pendinginan oli langsung yang inovatif.

Pada saat balap, memang tenaga sedikit diturunkan menjadi “hanya” 500 kW (680 PS) dalam mode race, namun tenaga tersebut konstan. Jangan lupa, sistem ini AWD.

Pembagian tenaganya adalah 320 kW (435 PS) memberi daya pada bagian depan, sementara maksimum 480 kW (653 PS) disalurkan ke belakang.

Untuk mengisi daya di tengah balapan, diandalkan sistem tegangan tinggi 900 Volt sehingga pengisian daya 5% ke 80% hanya perlu waktu 15 menit.

Mission R juga dilengkapi pengembangan lebih lanjut dari Porsche Active Aerodynamics (PAA) dengan Drag Reduction System (DRS) di bagian hidung dan sayap belakang. Ini terdiri dari tiga kisi-kisi di masing-masing dari dua intake udara samping di bagian hidung serta sayap belakang dua bagian yang dapat disesuaikan.

Nah kini kita bicara ke bagian keterbaruannya yang ramah lingkungan pada bagian body serta komponen lainnya. Sebagian besar bodi terbuat dari plastik yang diperkuat serat alami atau natural fibre reinforced plastic (NFRP), yang bahan dasarnya terbuat dari serat rami yang diperoleh dari pertanian. 

Bahan ekologis ini juga digunakan untuk lip spoiler depan, diffuser dan side skirt. NFRP digunakan secara luas di interior Mission R, seperti panel pintu interior, sekat belakang, dan jok.

Desain interior berfokus pada pengemudi di semua area. Tampilan yang ditempatkan secara ergonomis di antara kontrol pada roda kemudi menunjukkan data yang relevan selama balapan. Monitor di atas kolom kemudi menunjukkan gambar dari kamera kaca spion samping dan kamera kaca spion tengah. 

Layar sentuh di sebelah kanan kursi dapat digunakan untuk memanggil data biometrik pengemudi, misalnya. Banyak kamera lain di interior dapat digunakan untuk memberikan rangkaian yang menarik untuk transmisi streaming langsung.

Modul driver monocoque dalam bentuk yang persis sama juga berfungsi ganda sebagai simulator esports untuk mendekatkan ce;ah antara balap sesungguhnya dengan virtual.

Struktur keselamatan yang terbuat dari bahan komposit serat karbon menggabungkan potensi perlindungan tinggi untuk pengemudi dengan bobot rendah dan tampilan yang khas. 

Insinyur dan desainer Porsche telah menamai struktur atap karbon yang baru dikembangkan sebagai “exoskeleton”. Ini menggabungkan safety cage dan roof skin.

Dengan panjang 4.326 milimeter, Porsche Mission R sedikit lebih pendek dari seri 718 Cayman saat ini, tetapi terlihat lebih lebar pada 1.990 milimeter dan dengan tinggi eksternal 1.190 milimeter juga jauh lebih rendah.