Ingin mendapatkan SUV dengan desain bagus? Tengoklah Mitsubishi Eclipse Cross.

Mau SUV yang fiturnya buanyakkk? Ada di Mitsubishi Eclipse Cross.

Mencari SUV under 500 juta? Carilah Mitsubishi Eclipse Cross.

Mobil ini jangan pernah dianggap underrated, apalagi kalau dibanding pada rivalnya. Sebab, tak ada SUV dengan fitur sekaya Eclipse Cross yang berharga di bawah 500 juta dengan desain yang tak membosankan.

Di zaman now, fitur memegang peranan. Mari kita bahas soal fitur Eclipse Cross, ada apa aja sih? Mari kita bahas satu per satu.

Active Yaw Control

Active Yaw Control alias AYC sudah ada sejak Mitsubishi memperkenalkan sistem penggerak empat rodanya dan terkenal penggunaannya pada Mitsubishi Lancer Evolution, tepatnya pertama kali diperkenalkan pada Mitsubishi Lancer Evolution IV.

Sistem ini sedikit berbeda dengan sistem yang digunakan pada Lancer Evo. Lancer Evo memiliki sistem mekanikal serta menggunakan gardan tengah. Sementara, karena Eclipse Cross tidak memiliki sistem AWD ataupun gardan tengah. Tetapi, sistem ini menggunakan pengereman di keempat roda yang memberikan efek serupa. Ketika berbelok, roda bagian dalam akan sedikit direm untuk mengoptimalkan performa menikung. Sehingga, mobil tidak hanya lebih stabil saat menikung, namun bisa menikung dengan lebih dalam, agresif serta lincah.

Kinerja sistem ini bisa dipantau pada cluster mobil sehingga pengemudi benar-benar tahu seberapa keras sistem ini bekerja.

Active Stability & Traction Control

Sistem ini bekerja dan membantu mengoptimalkan sistem AYC. Jika pada AYC mobil bisa menikung dengan lebih lincah, stabil dan dalam, maka sistem Active Stability & Traction Control (ASTC) akan semakin memperstabil mobil ketika roda mulai kehilangan daya cengkeram.

Selain mengerem roda secara individual agar tidak spin, ASTC juga akan mengurangi input gas dan tenaga mesin, sehingga wheelspin bisa dicegah dan menjaga stabilitas.

Selain fitur-fitur kestabilan dan asisten pengemudi ini, ada asisten lagi yang bertindak bagaikan mata tambahan dengan teknologi radar dan kamera. Fitur-fitur tersebut adalah:

Forward Collision Mitigation System (FCMS)

Sistem ini adalah salah satu mata tambahan DeepEnd-ers kalau mengemudi menggunakan Eclipse Cross. Ada radar laser yang ditempatkan di balik spion tengah, serta penggunaan kamera depan. Radar ini akan mendeteksi objek yang ada di depan. Kalau ada objek lain di depan terus pengemudi tidak sadar, maka akan diberi peringatan. Jika masih tidak sadar juga, mobil akan mengerem secara otomatis, mencegah atau setidaknya mengurangi kerugian karena tabrakan.

Jika tabrakan tidak dapat dihindarkan, misalnya ditabrak dari belakang atau dari samping, Mitsubishi Eclipse Cross punya 7 airbag yang akan mendekap penumpangnya. Jadi ketika ditabrak, isi kabin akan menjadi empuk yang bisa mengurangi cedera.

Selain fitur keamanan, ada banyak fitur kenyamanan yang makin mempermudah hidup. DeepEnd yakin deh kalau kebiasan pake fitur-fitur ini, pas pake mobil lain yang gak ada fiturnya, bisa jadi lupa.

Auto Headlights

Bersebelahan dengan radar laser, terdapat serangkaian sensor lainnya, salah satunya adalah sensor cahaya. Ketika cahaya mulai redup, misal matahari mulai terbenam, lampu senja akan menyala. Bila benar-benar gelap, maka lampu utama akan menyala. Hal ini juga akan terjadi saat melewati terowongan yang gelap. Nah sesuai yang DeepEnd bilang tadi, kalau pake mobil yang gak ada fitur ini, bisa-bisa lupa nyalain lampu saking nyaman dan praktisnya fitur ini.

Rain Sensor

Selain sensor cahaya, ada juga sensor air yang mendeteksi kehadiran air pada kaca. Jika air yang mengenai sensor banyak, maka wiper akan bergerak semakin cepat. Fitur ini menyala hanya dengan membiarkan tuas wiper pada posisi auto. Maka saat hujan, wiper akan nyala otomatis, praktis! Kalau mau nyuci mobil model konveyor, pindahin aja tuasnya ke off, aman deh.

Adaptive Cruise Control

Nah, ingat sistem radar tadi? Itu ada fungsi keduanya, yaitu Adaptive Cruise Control. Cruise control memang sudah biasa, sistem ini lebih pintar dari itu. Ketika radar mendeteksi kecepatan kendaraan di depan melambat, maka kecepatan juga akan dikurangi. Hasilnya, hal ini bisa mencegah keteledoran ketika menggunakan cruise control yang membuatnya semakin aman dan nyaman. Apalagi ada fitur FCMS yang akan mengerem mobil secara otomatis.

Nah, banyak kan fiturnya. DeepEnd yakin deh mobil ini bakal manjain banget pengemudi dan penumpangnya. Apalagi fitur kenyamanan lainnya seperti jok kulit dengan pemanas, sistem keyless, Heads Up Display dan Sunroof Panoramic cuma bikin tambah nyaman pakai mobil ini.