Hanya beberapa mobil di Indonesia yang dicap sebagai mobil ‘bandel’ alias mobil yang tahan banting dan tangguh, bahkan ketika sudah disiksa habis-habisan.

Reputasi bandel sendiri seringkali didapatkan bagi mobil yang bekerja di area pertambangan. Debu tambang, area yang sulit, serta beban kerja yang berat benar-benar menguji ketahanan sebuah mobil. Jadi konotasinya sama sekali bukan negatif. 

Nah, salah satu mobil tambang yang paling populer itu adalah Mitsubishi Triton, pick up double cabin yang dikenal tangguh sejak awal tahun 2000-an.

Memangnya, apa sih yang membuat Triton tangguh dan andal digunakan bahkan pada medan dan pemakaian terberat sekalipun?

  1. Mesin Yang Tangguh

Mitsubishi Triton telah dilengkapi mesin diesel terbaru yang bertenaga dan ‘badak’ yaitu diesel 2.400cc 4N15 dengan turbo VGT yang serupa dengan Mitsubishi Pajero Sport. Mesin ini menghasilkan tenaga 181 PS di RPM 3.500 dan torsi 430 Nm pada RPM 2.500 (pada tipe Exceed dan Ultimate).

  1. Super Select 4WD-II

Mitsubishi Triton tersedia dalam varian penggerak 4 roda alias 4×4 atau 4WD. Sistem 4WD ini  sudah pintar karena tidak menggunakan selektor manual, melainkan sebuah selektor elektronik. Dengan selektor modern ini, mampu mengubah penggerak dan rasio gigi dengan putaran tombol saja.

  1. Locking Differential 

Dalam off-road berat, diperlukan gardan yang bisa mengunci agar seluruh roda bisa berputar saat kehilangan traksi sehingga tenaga mesin tersalurkan ke roda yang memiliki traksi. 

Tidak masalah bagi Mitsubishi Triton, karena Mitsubishi Triton sudah dilengkapi dengan locking center differential alias gardan tengah yang bisa mengunci. Kunci ini bisa diaktifkan dengan memasukan selektor Super Select ke 4WDHLc ataupun 4WDLLc. Sedikit catatan, untuk masuk mode 4WDLLc, mobil harus berhenti dan masuk netral terlebih dahulu. 

  1. Konstruksi Yang Tangguh

Pada kondisi berat, bodi dan sasis bisa mengalami kerusakan besar. Bahkan, terkadang bisa sampai patah bila benturannya keras. Mitsubishi Triton tangguh menghadapi benturan, karena area mesin telah diperkokoh.

  1. Suspensi

Suspensi Mitsubishi Triton sangat disesuaikan untuk medan off-road. Di depan memakai suspensi model double wishbone dan coil serta stabilizer bar. Di belakang menggunakan per daun dan shock absorber yang kini diameternya lebih besar dibandingkan sebelumnya.

  1. Sudut Maksimal

Triton memiliki desain bodi yang memaksimalkan berbagai sudut untuk mendapatkan performa off-road terbaik. Approach angle sebesar 31°, departure angle 23°, dan ramp break-over angle 25°. Bahkan, Mitsubishi Triton bisa dibawa jalan miring hingga 45° loh. 

  1. Off-Road Mode

Untuk memudahkan off-road, ada tombol off-road mode dimana komputer akan menyesuaikan tenaga mobil untuk mendapatkan traksi maksimal. Sehingga, pengemudi tidak perlu repot memainkan gas saat selip.

  1. Hill Descent Control

Turun gunung? Lebih susah dari yang dikira loh, harus memastikan rem diinjak tapi tak terlau dalam, guna mencegah ban selip. Pada Mitsubishi Triton, solusinya gampang. Berkat Hill Descent Control. Ketika dinyalakan, rem akan diaplikasikan secara otomatis. Membuat mobil akan menjaga kecepatan sekonstan mungkin di turunan. Operasinya yang amat mudah. 

Nah, 8 fitur itu pastinya guna banget buat off-road. Cukup mengagumkan fitur-fitur ada di mobil standar, terutama gardan penguncinya. Jaid DeepEnders, tertarik off-road dan menyiksa si Triton ini?