Mobil ramah lingkungan kini sudah semakin menjamur di Indonesia. Apalagi baru-baru ini, semakin banyak mobil ramah lingkungan hadir di Indonesia.

Tetapi tahukah kalian kalau salah satu mobil ramah lingkungan, terutama dalam bentuk SUV, Mitsubishi Outlander PHEV adalah salah satu pemain pertamanya.

Ya, Outlander ramah lingkungan ini resmi dijual di Indonesia pada tahun 2019, membuatnya menjadi salah satu SUV ramah lingkungan pertama yang resmi dijual di Indonesia.

Mobil ini dibekali mesin 2.400 cc yang memiliki tenaga 118 PS. Kecil? Tenang, ada dua motor listrik pada roda depan dan belakang yang memberikan tenaga 164 PS. Hasilnya ketika digabungkan, dihasilkan tenaga 200 PS.

Torsi maksimalnya juga melebihi angka 200 Nm yaitu 211 Nm. Lalu ingat, sebagian besar torsi ini instan karena penggunaan motor listrik.

Pada saat model full listrik, mobil bisa melesat hingga kecepatan 120 Km/H, tetap cepat dan tanpa emisi.

Pada mode normal dan penasaran akan pembagian tenaga, semuanya akan terlihat pada cluster yang informatif, mulai dari status penggunaan daya, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar rata-rata, serta rating ramah lingkungan perjalanan DeepEnder melalui Eco Store.

Daya dihasilkan dari baterai 12 kWh yang bisa diisi sampai 80% hanya dalam 25 sampai 30 menit saja ketika menggunakan quick charger.

Nah yang menarik, baterai ini tidak hanya digunakan untuk menjalankan motor listrik saja, tetapi juga bisa jadi sumber listrik darurat.

Kok bisa? Karena, ada 2 colokan rumahan yang bisa mengeluarkan daya 1500W. Hal ini sudah terbukti membantu, misalnya saat membantu bencana di Merapi, Mitsubishi Outlander PHEV yang diberikan kepada PMI seringkali digunakan untuk menjadi sumber listrik ketika terjadi pemadaman listrik.

 

Mitsubishi Outlander PHEV juga tidak hanya bisa membantu saat terjadi pemadaman listrik. Pada saat harus melalui medan sulit, sistem penggerak empat roda S-AWC (Super-All Wheel Control) akan mendapatkan traksi saat off-road. Sistem ini sendiri terintegrasi dengan Active Yaw Control, ABS, serta Active Stability and Traction Control.

Medan off-road juga terkenal sempit dan sulit untuk bermanuver. Disitulah fitur Multi Around Monitor bisa membantu, seluruh area sekitar mobil bisa terlihat dengan pandangan ala bird-eye view.

Dengan kata lain, Mitsubishi Outlander PHEV bukan sekadar SUV perkotaan yang ramah lingkungan, tapi juga bisa digunakan pada kondisi darurat di medan yang sulit demi kebutuhan manusia. Ramah lingkungan, ramah manusia.