Menjaga kondisi produk adalah prioritas. Karena, kualitas produk akan mencerminkan produsennya. 

Demikian dengan Suzuki, dimana mereka terus mempertahankan produknya, salah satunya Jimny yang baru mengalami program “Product Quality Update”.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi mobil serta untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen. Bahasa umumnya, recall. Hal ini sangat normal dan menunjukkan tanggung jawab sebuah ATPM.

Suzuki Jimny yang mengalami recall ini adalah 21 unit Jimny bertransmisi otomatis (Automatic Transmission/AT) yang berpotensi mengalami masalah rembesan oli dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan hingga mengancam keselamatan sehingga harus dilakukan perbaikan.

Ke-21 unit Jimny tersebut diproduksi dari rentang waktu bulan Mei hingga Juni 2021.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), terjadinya

rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terangnya.

Jika saat di recall nanti dan ditemukan masalah, maka satu unit transmisi akand iganti. Bila tidak, transmisi akan dipasang kembali dan akan dipasangkan washer set baru karena memang komponen tersebut tidak bisa dipakai ulang.

Selain recall, Suzuki juga menjalankan program servis untuk unit Jimny terkait masalah door harness. Tekanan dari tekukan saat pembukaan/penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi mengganggu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock.

Sehingga, agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.

Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.

kabar baiknya, pemilik tidak akan dikenakan biaya apapun. Tinggal datang ke bengkel resmi Suzuki dimana masalah-masalh tersebut akan diselesaikan.