Pada bulan Agustus dan September lalu, produsen otomotif mengalami kendala dimana beberapa kelangkaan pasokan komponen memperlambat produksi. Faktor serta komponen yang menghambat berbeda-beda.

Tidak terkecuali Honda. Pada bulan tersebut, Honda sempat mengalami hambatan produksi karena kelangkaan komponen, hal ini berdampak besar ke mobil yang memiliki permintaan tinggi seperti Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda CR-V. Secara tidak langsung, angka penjualan pun terpengaruhi.

Secara total, Honda mencatat penjualan sebanyak 3.362 unit mobil secara retail sepanjang bulan September 2021 lalu, dengan kontribusi penjualan terbesar berasal dari Honda City Hatchback RS yang terjual sebanyak 1.053 unit. Sementara Honda Brio terjual sebanyak 1.027 unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya sebanyak 811 unit dan Honda Brio RS sebanyak 216 unit.

Selanjutnya Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 690 unit, New Honda CR-V sebanyak 175 unit. 

Sementara itu, Honda Mobilio terjual sebanyak 127 unit, Honda BR-V sebanyak 125 unit, HR-V 1.8 L sebanyak 63 unit, New Honda Civic Hatchback RS sebanyak 60 unit dan New Honda Odyssey sebanyak 22 unit. 

Sementara di segmen sedan, All New Honda Accord terjual sebanyak 12 unit dan Honda Civic sebanyak 6 unit. Lalu Honda City dan Honda Civic Type R masing-masing terjual sebanyak 1 unit. 

Secara total, Honda telah membukukan penjualan sebanyak 68.376 unit sejak Januari hingga September 2021, atau naik sebesar 23% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Namun, Honda telah perlahan pulih dari kondisi ini dan mulai memulihkan produksi secara perlahan. Honda pun kini sedang gencar mengantarkan mobil ke konsumen.

Honda Prospect Motor sendiri meminta maaf kepada konsumen karena keterlambatan pengantaran mobil yang telah dipesan. Kini konsumen yang sudah memesan 1 sampai 2 bulan lalu sedang diprioritaskan produksi dan pengantarannya.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada konsumen atas permintaan yang masih tinggi terhadap produk-produk Honda, meskipun saat ini masih terjadi gangguan terhadap pengiriman mobil akibat kelangkaan komponen untuk produksi.

Meskipun terjadi sedikit hambatan, namun Honda tetap menawarkan berbagai promo bagi calon konsumen. 

Pada bulan Oktober ini Honda kembali menawarkan program penjualan bertajuk “Yuk, Beli Honda Aja!”. Pada program ini, para konsumen masih akan mendapatkan beragam keuntungan mulai dari additional value hingga bebas biaya perawatan (syarat dan ketentuan berlaku). 

Konsumen akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS. Khusus bagi konsumen Loyalist /  Education / Medical Worker yang melakukan pembelian New Honda Brio & Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun, syarat dan ketentuan berlaku).

Tidak hanya itu, Honda juga memberikan Promo Ceria khusus untuk pembelian Honda Mobilio, dan Honda BR-V hingga Rp 4 juta. Kemudahan juga diberikan kepada perusahaan atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian, akan mendapatkan Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta untuk pembelian mobil Honda Civic Turbo dan Honda Accord (syarat dan ketentuan berlaku).