Toyota Land Cruiser. Rasnaya gak usah diperkenalkan lagi deh nama ini. Mobil ini sudah menjadi rajanya dalam lini Toyota dalam dunia off-road dari tahun 1951. Sejak saat itu, nama Toyota Land Cruiser suda jadi legenda di Indonesia.

Awalnya, Land Cruiser yang hadir di Indonesia pada tahun 1960, yaitu FJ40, adalah kendaraan utilitarian tangguh pilihan. Mobil ini sendiri seringkali disebut sebagai ‘mobil penculik’ karena sering digunakan pada film-film dan memang terlihat sangat gagah.

Lama kelamaan, Land Cruiser mengalami evolusi menjadi mobil premium yang nyaman dengan kemampuan off-road yang tidak kalah. Land Cruiser pun seakan-akan menjadi simbol status dan mobil pejabat.

Kini, Toyota Astra Motor menghadirkan evolusi terbaru dari Toyota Land Cruiser yang semakin modern, dan tentunya tetap memiliki kemampuan off-road khas Land Cruiser yang tidak boleh hilang. Yaitu Toyota Land Cruiser 300 series.

Toyota Land Cruiser terbaru ini hadir dengan 2 tipe untuk pasar Indonesia, yaitu VX-R yang elegan, dan GR Sport untuk tampilan yang tangguh dan sporti.

Mobil yang diluncurkan adalah edisi 70th Anniversary yang terlihat dari logo di pilar C, door scuff, serta di karpet untuk menandai 70 tahun hadirnya Land Cruiser pada tahun 2021 lalu. Tapi catat, varian 70th Anniversary ini hanya tersedia hingga Juli 2022.

Toyota Land Cruiser tetap tampil gagah. Desain mengotak ala Land Cruiser dipertahankan dengan platform TNGA-F baru.

Detail yang unik ada pada versi GR Sport. Alih-alih menggunakan emblem Toyota yang biasa digunakan, Toyota Land Cruiser GR Sport menggunakan logo text “TOYOTA” yang memberikan kesan retro ke Toyota Land Cruiser seperti pada FJ40.

Selain perubahan platform dan tampilan, Toyota juga memperkenalkan mesin baru di Toyota Land Cruiser yang lebih irit bahan bakar dan tentunya ramah lingkungan, mengikuti peraturan emisi yang semakin ketat.

Mesin tersebut adalah mesin V6 diesel dengan turbo yang diberi kode F33A-FTV dengan kapasitas 3.346cc. Tenaganya mencapai 305 PS pada 4.000 rpm

Tapi yang brutal adalah torsinya, yaitu sebesar  71,4 Kgm atau sekitar 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm.

Selain mesin baru, transmisinya juga baru dengan 10-percepatan untuk semakin menekan konsumsi bahan bakar dan menjaga performa.

Tentunya, Toyota Land Cruiser harus tetap nyaman dan kaya akan fitur. Tenang saja, fitur pada mobil ini komplit. Sebut saja Power Back Door with Kick Sensor, New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold.

Mobil ini juga canggih dengan fitur Toyota T Intouch. T Intouch adalah teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Selain nyaman, tentunya harus tangguh dan memiliki kapabilitas off-road yang tinggi. Land Cruiser 300s series ini menggunakan suspensi Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang berkat platform baru TNGA-F-nya. Untuk tipe GR Sport, mendapat fitur tambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension.

Selain itu, tipe GR Sport juga mendapatkan E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang. Berbeda dengan tipe VX-R yang menggunakan Torque Sensing LSD di roda belakang.

Agar semakin mudah melibas medan berat, Toyota melengkapi Toyota Land Cruiser ini dengan AutoMTS (Multi Terrain Select) mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya.

Keselamatan? Pastinya tidak kompromi dong. Fitur keselamatan Toyota Land Cruiser terdiri dari  Anti-lock Braking  System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags. Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). 

Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Toyota Safety Sense (TSS) juga hadir di mobil ini yang terdiri dari Pre Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Toyota merilis Toyota Land Cruiser dengan 4 pilihan warna, yaitu hero colour Precious White, Gray Metallic, Attitude Black Mica, dan Dark Red Mica Metallic.

Untuk harganya, tipe VX-R dilepas dengan harga Rp 2.327.800.000. Untuk tipe GR Sport alias GRS, dijual dengan harga Rp 2.378.800.000.

Mana favorit DeepEnder? Tipe VX-R yang tampil mewah dan elegan? Atau tipe GRS yang sporti dan tangguh?