Tokyo Auto Salon itu ibarat surga pecinta otomotif. Acaranya sebentar, hanya 2 hari untuk publik pada tahun 2022 ini. Itupun jam 9 sampai jam 19 di Sabtu, dan tutup jam 18 di Minggu. Animonya tidak pernah kecil, maka selalu terlihat antrian yang begitu panjang. 

Pada tahun 2020 sendiri, acara 3 hari ini dikunjungi oleh 336.060 pengunjung dengan 4.242 booth. Ragam mobil baik standar dan modifikasi dari para tuner ternama sampai tuner kecil, dari profesional sampai mahasiswa hadir di acara ini, memamerkan karya terbaru dan terunggul mereka.

Dari pameran 2022 ini, apa saja mobil yang menarik perhatian kami?

Slide 3: 1. Toyota Land Cruiser Team JAOS

Foto: Team JAOS

Team JAOS memberikan modifikasi Land Cruiser 300 series ini berupa bumper guard, fender garnish type-X carbon look, door handle protector, dan blackout pada beberapa panel. Disematkan juga per lift kit dari BATTLEZ dan velg JAOS TRIBE CROSS 20 × 9.0 +55 Matt Gun Metallic.

Slide 4: 3. Toyota GRMN Yaris

Foto: Toyota

GRMN Yaris yang hadir dengan gardan LSD mekanikal, final gear yang lebih besar untuk akselerasi, serta rigiditas yang lebih tinggi. GRMN Yaris Hanya dijual di Jepang sebanyak 500 unit saja. Terdapat 2 pilihan, yaitu Circuit Package dan Rally Package. Untuk Rally Package, bahkan mendapatkan roll bar dan side bar GR.

Slide 5: 4. Toyota Crown Aless Rozel 

Foto: Aless Rozel

Modifikasi simple dan fitment manis dengan velg ALESS × WORK MEISTER M1R berwarna emas. Itulah Toyota Crown Aless Rozel. Perusahaan asal kota Yamagata ini juga menambahkan bumper original, fender yang lebih lebar, suspensi udara, dan panel dengan kelir satin.

Slide 6: 5. Aquila Mitsubishi GTO Twin Battery

Mitsubishi GTO dikenal sebagai mobil yang ‘ahead of its time’. Aquila mungkin mengambil jargon ini dan membuat Mitsubishi GTO semakin unggul pada masa kini, yaitu dengan membuat sebuah Mitsubishi GTO full elektrik yang dijuluki Mitsubishi GTO Twin Battery. Tampilan mobil ini pun tetap sesuai dengan masanya dengan body kit Pit Road M.

Slide 7: 6. Mitsuoka Orochi Livery Walk

Foto: Liberty Walk

Perusahaan besutan Wataru Kato ini sebelumnya membuat gempar dengan sebuah Nissan Skyline R34. kali ini, Liberty Walk menyentuh sebuah Mitsuoka Orochi. Layaknya mobil Liberty Walk lainnya, mobil ini diberikan treatment pelebaran, wing besar, lip, velg aftermarket, dan interiornya juga dibenahi.

Slide 8: 7. Mitsubishi Delica D:5 Tough X Tough

Foto: Mitsubishi

Kapan lagi ada van yang memiliki kapabilitas off-road seperti sebuah Pajero? Mitsubishi hadir di Tokyo Auto Salon 2022 dengan Mitsubishi Delica D:5 Tough X Tough yang benar-benar tampil tangguh dengan roof rack, fog lamp, dan ban All Terrain. Sesuai dengan karakter Delica D:5 sebagai van yang serba bisa.

Slide 9: 8. Nissan Figaro Racing Factory Yamamoto

Foto: Yamamoto Katsuya

Racing Factory Yamamoto adalah spesialis Honda S2000 dan NSX. Tak heran bila mereka mencekok mesin F20C S2000 ke Nissan Figaro ini. Bahkan, mereka membuat sasis tubular custom agar bisa memasukkan mesin tersebut dan merubah Nissan Figaro menjadi penggerak roda belakang.

Slide 10: 9. Toyota Supra Veilside

Foto: Veilside

Perusahaan yang didirikan oleh Hironao Yokomaku tersebut merilis bodykit terbaru mereka untuk Toyota Supra A90. Toyota Supra A90 ini mendapatkan perubahan pada bumper, kap mesin, fender, wing, dan bumper belakang. Tentunya, Supra A90 ini juga menjadi semakin lebar.

Dari seluruh mobil ini, mana favorit DeepEnder?