Tahun 2021 menjadi tahun yang sulit dari berbagai bidang ekonomi maupun industri karena masih dalam kondisi pandemi, tak terkecuali sektor otomotif.

Tetapi, pencapaian menggembirakan telah diraih PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang tahun 2021 dengan meningkatnya penjualan apabila dibandingkan dengan tahun 2020. Tercatat wholesales mobil Suzuki tahun 2021 naik sebesar 38.8% dan retail sales naik sebesar 23,8%.

Dari angka tersebut pun, kontribusi tertinggi didominasi dari produk lokal. New Carry Up sebagai Rajanya Pick Up dan backbone di segmentasi kendaraan komersial Suzuki, menjadi kontributor utama disusul kendaraan penumpang yaitu XL7 dan All New Ertiga.

Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS,  catatan penjualan yang positif sepanjang 2021 tidak lepas dari peningkatan kualitas produk, purna jual dan layanan yang terus dilakukan Suzuki Indonesia menjadi alasan tren penjualan positif selama 2021. “Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil yang dimiliki Suzuki Indonesia,” terang Donny

New Carry Pick Up yang mengusung keunggulan I.L.M.U (Irit bensin dan perawatannya, Lama Umur Pakainya, Muatnya banyak, Untung di ujung) menjadi kontributor utama yang berkontribusi sebesar 58% secara wholesales maupun retail sales. Peluncuran New Carry Pick Up terbaru pada Januari 2021 dengan berbagai pengembangan, adalah salah satu alasan pendorong mengapa “Rajanya Pick-Up” ini menjadi kontributor utama penjualan Suzuki selama setahun penuh. Selain itu, New Carry Pick Up juga memenangkan kategori “Best Pick-Up” dari Otomotif Award yang semakin menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk kendaraan komersial Suzuki Indonesia ini. 

Pada segmen kendaraan penumpang XL7 “The New Extraordinary SUV” menduduki posisi sebagai kontributor terbesar kedua dengan kontribusi 18% untuk wholesales dan 16% untuk retail sales. Sejak pertama diluncurkan tahun 2020, XL7 hingga saat ini terus memberikan dampak positif terhadap penjualan Suzuki Indonesia dan menjadi salah satu backbone penjualan. 

All New Ertiga menyumbang 12% terhadap wholesales dan 13% terhadap retail sales, sehingga membuat membuat All New Ertiga masuk ke dalam 3 mobil kontributor tertinggi pada penjualan Suzuki di tahun 2021.  Memiliki tampilan eksterior yang kini lebih eksklusif, kabin luas dan nyaman, dilengkapi berbagai fitur dan fasilitas penunjang keselamatan, mobil “Kebanggaan Keluarga Indonesia”. All New Ertiga menjadi kebanggaan keluarga yang dipercaya sebagai MPV yang memberikan kenyamanan dan efisiensi konsumsi bahan bakar yang optimal ketika digunakan. 

Peningkatan yang dialami oleh XL7 dan All New Ertiga tersebut tidak terlepas dari pengaruh kebijakan relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) yang diterapkan oleh Pemerintah di tahun 2021 lalu. Sebagai model mobil Suzuki yang memenuhi persyaratan seperti kapasitas mesin maksimal 1.500cc dan kandungan lokal minimal 60% memberikan keuntungan bagi konsumen dimana mereka dapat merasakan keuntungan berupa potongan pajak ketika membeli mobil Suzuki.

“Suzuki sudah lebih dari 50 tahun hadir bersama masyarakat Indonesia. Kepercayaan masyarakat akan produk Suzuki tentu memotivasi kami untuk terus menghadirkan kendaraan produksi dalam negeri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan dengan kualitas berstandar global. Selain fokus pada pengembangan produk, kami juga akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang Suzuki berikan. Kami berterima kasih kepada pelanggan Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia atas kepercayaan mereka terhadap Suzuki Indonesia,” tutup Donny.