Sepeda motor kerap menjadi kendaraan andalan masyarakat untuk menunjang aktvitas sehari-hari. Agar dapat terus diandalkan, kondisi sepeda motor harus selalu diperiksa agar kinerjanya optimal serta terhindar dari kerusakan ketika digunakan.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, selain wajib melakukan pemeriksaan rutin kendaraan di bengkel resmi Suzuki, pengendara sepeda motor juga dapat melakukan beberapa hal secara mandiri, misalnya pemeriksaan seperti berikut:

  1. Sistem Penerangan

Jika kondisi penerangan seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu pengereman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak berfungsi, dapat lakukan penggantian lampu baru di bengkel terdekat. Selain penerangan, klakson juga harus diperhatikan. Jika tidak berfungsi, dapat membahayakan pengendara dan orang lain.

  1. Sistem Pengereman

Lakukan pemeriksaan kondisi rem, seperti kanvas rem, minyak rem dan kaliper. Apabila kanvas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya diganti dengan baru. Saat sepeda motor di jalanan licin pun, pastikan rem secara perlahan agar tidak terpeleset.

  1. Sistem Kemudi

Komstir atau steering harus dalam kondisi baik sehingga dapat menyeimbangkan stang sepeda motor serta meminimalisir getaran. Begitu pula bearing roda serta engine mounting mesin harus dipastikan dalam keadaan baik.

  1. Oli Mesin

Oli mesin harus dicek dan diganti secara berkala untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Selain itu, pengendara juga harus memperhatikan filter oli agar sirkulasi oli ke bagian mesin berjalan lancar dan dianjurkan untuk diganti maksimal 4 bulan sekali.

  1. Oli Gardan dan CVT

Untuk motor matik, pengendara harus memperhatikan penggantian oli gardan setiap 2-3 kali ketika melakukan penggantian oli mesin atau ketika sepeda motor sudah menempuh jarak 8.000 – 10.000 km. Selain itu, pengendara harus melakukan pemeriksaan CVT dan penggantian gasket CVT setiap 3 kali ganti oli mesin atau ketika sepeda motor sudah menempuh jarak 12.000 km. Pastikan belt, roller masih dalam keadaan baik. Bila bagian dalam CVT sudah retak dan roller sudah tidak rata, segera ganti untuk mengembalikan performa motor matik.

  1. Rantai dan Gear

Bagi pengendara sepeda motor bertransmisi manual, harus memeriksa kondisi rantai dan gear. Apabila kondisi gear sudah lancip dan rantai sudah kendur, maka pengendara sebaiknya melakukan penggantian di bengkel resmi Suzuki terdekat.

  1. Kabel Gas dan Kopling

Pengendara harus memperhatikan kondisi kabel gas dan kopling (bagi sepeda motor bertransmisi manual), pastikan kabel gas dan kopling tidak mengalami kerusakan atau seret.

  1. Kondisi Ban

Apabila ban sudah mengalami kebotakan, maka gantilah dengan yang baru. Hal ini untuk menjaga keselamatan pengendara agar terhindar dari kecelakaan karena jalanan yang licin saat musim hujan. Perhatikan pula tekanan angin ban yang diisi sesuai dengan kebutuhan ban.

“Yang paling penting adalah rawatlah sepeda motor Anda secara berkala di Bengkel Resmi Suzuki, dan apabila mengalami kerusakan atau penggantian suku cadang yang tidak dapat dilakukan sendiri dan butuh tenaga ahli, pengendara dapat melakukan pemeriksaan di bengkel resmi Suzuki terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain ditangani oleh tenaga profesional, sepeda motor yang diperiksa akan dilakukan penggantian suku cadang yang asli agar sepeda motor dapat berfungsi dengan baik dan optimal,” tutup Hariadi.