Indonesia sedang menuju tahap penghijauan dengan rilisnya beberapa aturan. Misalnya keringanan dan benefit tertentu untuk mobil listrik, serta wajibnya mobil pembakaran bakar internal untuk memenuhi standar emisi Euro 4 yang lebih bersih.

Kini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sudah resmi merilis varian Euro 4 dari duo truk mereka, yaitu Fuso Canter Euro 4, dan Fuso Fighter X Euro 4.

Namun, mesin ini menggunakan beberapa teknologi yang mewajibkan penggunaan bahan bakar kualitas tinggi, idealnya dengan kandungan sulfur dibawah 50 Ppm. Masalahnya, bahan bakar ini seringkali sulit ditemui di beberapa area Indonesia.

Sebenarnya memang bisa saja, namun tentunya akan terjadi penurunan pada performa mesin jika menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur yang terlalu tinggi.

Sehingga, PT KTB sudah siap menyiasatinya jika truk diisi dengan bahan bakar kualitas rendah.

Pertama, Fuso Fighter X kini sudah menggunakan 3 buah filter bahan bakar yang akan memastikan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi sebersih mungkin. Hebatnya, jika perlu diganti, tidak perlu diganti semua sekaligus.

Kemudian, komponen bahan bakar lain, seperti tangki dan fuel line sudah disiapkan agar bisa beradaptasi dengan bahan bakar Indonesia, misalnya jika diisi biodiesel.

Selain itu, PT KTB juga sudah menyiapkan layanan aftersales yang mumpuni dengan teknologi terbaru agar bisa melayani konsumen dengan optimal.