Pada 25 Maret 2022 lalu, DeepEnd dapat undangan acara Test Drive dari Mitsubishi Fuso di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Acara ini untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang Fuso Euro 4 kepada media.
Fast forward, pas di lokasi, setelah sesi perkenalan dan tanya jawab, ada sesi aktivitas yang diselenggarakan khusus untuk media yang dibagi menjadi 3 grup untuk 3 aktivitas berbeda. Observasi, Blind Spot dengan Fuso Fighter X, dan yang akan dibahas, test drive Fuso Canter Euro 4.
Sedikit disclaimer, kami tidak pernah membawa truk sebelumnya. Sehingga, ada rasa gugup juga ketika menaiki truk Fuso Canter Euro 4 ini. Tapi ada rasa tenangnya juga karena PT KTB sudah menyiapkan instruktur di dalam yang akan menemani kami.
Truk Fuso Canter ini memiliki transmisi manual 5 percepatan dengan model dogleg. Jadi, posisi mundur ada di posisi gigi 1 pada umumnya, posisi gigi maju pun dimajukan. Kalau sudah biasa, sebenarnya seperti start dari gigi 2 saja.
Begitu kopling kami injak, sebenarnya cukup kaget, karena koplingnya relatif ringan, tidak membuat pegal. Feel dari kopling ini pun termasuk oke dimana sangat terasa jika sudah mengenai biting point dari kopling.
Apalagi, ketika kopling dilepas, Fuso Canter ini bisa langsung maju tanpa perlu di gas. Namun perlu diingat unit yang kami tes ini merupakan sasis kosong tanpa muatan sama sekali di belakang.
Selain kopling yang enteng, begitu juga dengan setir yang rasanya ringan sekali. Memang power steering itu merupakan berkat yang sangat besar.
Suspensinya, tidak bisa kami nilai begitu saja. Karena unit tes merupakan unit sasis kosong, suspensinya terasa sangat membal. Perlu ada muatan dengan berat tertentu agar suspensi ini terbilang ‘enak’.
Untuk tenaga, cukup terasa besar, terutama torsi yang tersedia di RPM bawah. Torsi 420 Nm ini sendiri tersedia pada RPM 1.500.
Saat membawa truk ini, rasanya normal sekali, sampai melihat ke spion dimana panjang dari Fuso mungkin akan menjadi tantangan bagi beberapa orang karena panjangnya tersedia dari 5.9 meter hingga 7.1 meter.
Justru yang membuat kami kagok adalah transmisinya dimana posisi 2 dan 4 cukup dekat sehingga sempat terjadi mis-shift. Tapi posisi shifter ini sendiri cukup ergonomis karena letaknya di dashboard dan bersebelahan dengan setir.
Sehingga, apakah Fuso Canter ini truk yang oke? Menurut kami, dari segi kemudahan berkendara, merupakan sebuah truk yang oke.