PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menghadirkan Mitsubishi CSR Education Program (MEP) bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Otomotif di Indonesia. Dalam agenda tahunan ini, MMKSI mendonasikan 5 (lima) unit kendaraan Mitsubishi Motors, berupa model Pajero Sport dan Xpander.

Unit donasi diserahkan secara simbolis oleh perwakilan manajemen MMKSI, Eiichiro Hamazaki, Direktur After Sales Division PT MMKSI dan Wisnu Wardhana, Direktur Administrasi & Human Resources PT MMKSI, pada ajang Indonesia International Motor Show 2022, Rabu, 6 April 2022. Penyerahan unit secara simbolis diterima oleh perwakilan dari 5 SMK terpilih.

“Komitmen kami dalam menemani setiap perjalanan hidup masyarakat Indonesia, kami wujudkan salah satunya melalui program sosial kami yang berfokus pada pendidikan, khususnya bagi Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki program pendidikan otomotif. Program yang menjadi salah satu pilar CSR kami ini hadir untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa kejuruan terutama yang berkaitan dengan teknologi Mitsubishi Motors. Ke depannya, kami berharap apa yang telah kami lakukan melalui program ini dapat membantu menciptakan sinergi antara pelaku pendidikan dan industri otomotif di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden DIrektur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Selain memberikan donasi kendaraan praktikum, MMKSI juga akan memberikan training Mitsubishi Service Technician Education Program atau M-STEP 1 bagi 75 siswa perwakilan SMK penerima donasi, yang pelaksanaannya akan dilakukan pada tahun akademik mendatang, atau pada saat keadaan pandemic sudah lebih kondusif karena harus dilakukan secara tatap muka.

Materi M-STEP 1 yang diberikan mencakup keterampilan teknik dasar otomotif yang merupakan program wajib bagi setiap mekanik Mitsubishi di seluruh dunia.

Tak hanya itu, dalam M-STEP 1, siswa akan mempelajari tentang pengetahuan dasar otomotif, yang meliputi sistem-sistem pada kendaraan seperti mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power train, chassis, dan sebagainya.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014, Mitsubishi Motors di Indonesia telah mendonasikan total 40 unit kendaraan Mitsubishi termasuk donasi di tahun ini dan pelatihan kepada 495 orang siswa SMK dan masih akan terus meningkat apabila situasi telah semakin kondusif.

Sekolah penerima donasi yaitu SMK Bakti Mandiri Bekasi, SMK Tamansiswa 2 Jakarta, SMK Negeri 2 Garut, SMK Negeri 1 Kuningan, dan SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang.