Honda sudah tidak lagi diam diam saat mengembangkan Honda Civic Type R Concept yang akan menjadi versi type R dari Honda Civic generasi ke-11. Publikasi telah dilakukan, bahkan dipamerkan di ajang Tokyo Auto Salon pada Januari silam dengan stiker kamuflasenya.

Tentunya, Honda ingin membuat mobil ini lebih baik dari Civic Type R FK8R yang kini masih dijual. Apalagi, Honda Civic Type R terbaru ini telah menggunakan platform yang benar-benar baru, yaitu platform kode sasis FL.

Tentu hal tersebut merupakan standar yang sangat tinggi. Karena, Honda Civic Type R generasi ke-10 sudah memiliki beragam kemenangan pada pengujian perbandingan dan berada di posisi ke-4 dalam kompetisi Best Driver’s Car 2018 oleh Motor Trend.

Tapi kemajuan tampaknya benar terjadi. Honda kembali memecahkan rekor lap time tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang, untuk mobil penggerak roda depan (FWD) dengan waktu 2 menit 23 detik.

Ingin bukti? Honda merilis videonya yang DeepEnder dapat saksikan pada https://www.youtube.com/watch?v=TFUsQPKH3wo&t=29s .

Honda memang belum merilis tanggal pasti perilisan mobil ini. Namun, ada kemungkinan bahwa mobil ini akan dirilis pada akhir tahun 2022 nanti.