Terus terang saja, DeepEnd sudah lebih 10 tahunan enggak tap in dengan komunitas modifikasi di Batam. Padahal sebelumnya sejak tahun 2003, rutin pergi ke sana. Dan finally…, senang alang kepalang, ketika Pollux Properties memanggil DeepEnd untuk meliput Meisterstadt Autoproject Car Meet Up pada 19-20 Maret 2022.

Lokasinya di Pollux Meisterstadt Habibie Parking Lot, Jl. Laksamana Bintan, Batam Centre, Batam. DeepEnd menginap di salah satu apartemen di sana, sehingga mudah aksesnya ke Meisterstadt Autoproject Car Meet Up, dan bebas meliput di area tersebut. Boleh tarik mobil yang lagi dipamerkan, untuk pergi ke spot pemotretan terbaik yang DeepEnd mau.

Memang DeepEnd 1.000% dimudahkan dalam peliputan!
Kalau saja, semua seperti ini. Environment modifikasi mobil mestinya akan lebih bersemangat lagi.

Dalam cakupan segmen DeepEnd, 70% dari peserta Meisterstadt Autoproject Car Meet Up merupakan mobil-mobil yang seharusnya bisa kami liput. Hanya karena waktu saja, DeepEnd tak bisa melakukan peliputan untuk semua yang masuk dalam check list.

Well, seperti apa trennya? 

Pertama, dari jenis mobil. Banyak mobil Jepang yang secara khusus diakomodir oleh aturan dan regulasi di Batam. Walaupun sudah banyak yang nyebrang ke Jawa, tapi masih banyak mobil unik di sini. Di sisi lain, mobil-mobil baru makin banyak pilihan.

Kedua, dari aliran modifikasi. Banyak mobil Jepang tersebut yang total mengalami sentuhan modifikasi ala JDM. Baik performance ataupun VIP car.

Ketiga, ini yang menarik! Semakin banyak yang attention to detail. Walaupun kebanyakan juga plug n play, namun kalkulasi dimensinya semakin diperhitungkan. Jauh berbeda dengan 1 dekade lampau, baik secara skill maupun jumlah mekanik dan bengkel.

Keempat, aftermarket parts yang mudah didapat. Entah baru, ataupun seken. Jalur impor dari Jepang, Cina dan Taiwan, atau jalur tengtengan dari Malaysia dan Singapura.

Karena kekhasan Batam hanya bisa dinikmati warga Batam sendiri, maka DeepEnd melihat car ethusiast di sana rasanya mampu membuat iri dengan cara bertumbuh dan kompak secara komunal. Jangan berjalan di kalangan terbatas, atau tetap asyik sendiri.

Kolaborasi yang lebih erat membuat konten-konten kreatif baik di event, medsos ataupun gathering, rasanya akan membuat publik melihat Batam sebagai surga. Kaitkan dengan pariwisata, sport dan kuliner di sana. Apa yang kalian punya di sana, tak kami miliki di sini.


Semisal…, touring lintas negara? Batam-Singapura-Sepang?


Lokasi:
Pollux Meisterstadt Habibie Parking Lot
Jl. Laksamana Bintan, Batam Centre
Batam