Merah itu racing, itulah kata-kata yang banyak dikemukakan.

Namun kuning juga racing!

Tapi putih juga racing 

Nah, bingung kan?!

Enggak salah kok. 

Misal, warna merah memang identik dengan beberapa hal yang bisa dikaitkan dengan balap. Secara psikologis, warna merah sering dikaitkan dengan power (kekuatan) dan anger (kemarahan).

Tapi kalau bicara mobil balap, beberapa mobil balap paling ikonik menggunakan warna biru yang padahal secara psikologis merupakan warna yang kalem dan menenangkan.

Apa saja sih daftar mobil balap warna biru paling ikonik menurut DeepEnd? Yuk lihat:

  1. Nissan Skyline GT-R Calsonic

Foto: Evo.co.uk

Kayaknya anak-anak JDM enggak perlu dijelasin lagi tentang mobil ini. Seikonik itulah Nissan Skyline GT-R Calsonic.

Nissan ikut serta dalam ajang All Japan Touring Car Championship dengan sebuah Nissan Skyline GT-R nomor 12 yang dikemudikan K. Hoshino/Masahiko Kageyama berlivery Calsonic. 

Bekal si Skyline ini jauh melebihi rivalnya, yaitu mesin 6 silinder, twin turbo, all wheel drive, dan four wheel steering, Nissan membantai semua rivalnya dan meraih kemenangan pada seluruh 29 balap sepanjang 4 musim. 

Mobil ini juga jumawa di balap lain. Misalnya, balap Group A di Australia dimana saking over powered-nya, balap Group A langsung melarang penggunaan turbo dan all wheel drive setelah kemenangan 2 tahun, sayonara R32 Group A.

  1. Volvo 850 T5 Estate BTCC

Foto: CarVaganza

Volvo turun pada balap British Touring Car Championship dengan gaya yang berbeda, yaitu dengan sebuah wagon, Volvo 850 T5 Estate. Hal ini terjadi karena Steffansson Automotive (SAM) yang ditunjuk Volvo untuk mengembangkan Volvo 850 menjadi mobil balap cuma kebagian bodi wagon facelift karena saat itu cuma wagon yang sudah diproduksi. 

Mau nunggu? Enggak ada waktu. Ya sudah, digas saja! Marketingnya bilang ini ide bagus meskipun beresiko tinggi. Sayangnya, meskipun Volvo sudah dibantu Tom Walkinshaw Racing juga, performanya kurang baik dan tidak menang. Namun, Volvo tetap mencetak sejarah dengan balap menggunakan wagon.

  1. Subaru Impreza 555

Foto: WhichCar

Subaru dan warna biru sudah tidak bisa dipisahkan. Sampai-sampai, Subaru memiliki warna biru yang dinamakan World Rally Blue Mica. Asal muasal legenda rally dengan warna biru ini dimulai pada tahun 1996 dengan Subaru WRX 555 yang dikemudikan oleh Colin McRae. Pada tahun 1996, McRae mendapatkan predikat drivers’ championship, dan Subaru Impreza 555 juga terus mendapat kemenangan hingga tahun 1997.

Namun perlu diingat, tidak semua biru Subaru adalah World Rally Blue. Beberapa model dan pasar mendapatkan warna Sonic Blue yang berbeda sedikit dibanding dengan World Rally Blue.

  1. Plymouth Superbird Richard Petty

Foto: Mecum Auctions

Balap NASCAR akan terasa hampa tanpa kehadiran Richard Petty, si legenda dari north Carolina. Sepanjang karirnya, Petty sudah menunggangi berbagai mobil dan beragam sponsor dengan total 200 kemenangan. Tak heran dirinya dijuluki “The King”. 

Salah satu mobil paling ikonik yang pernah digunakan adalah Plymouth Superbird warna birunya dengan nomor 43 yang meraih 8 kemenangan dalam jangka waktu satu tahun. 

Plymouth Superbird sendiri dibuat khusus akan keinginan Petty untuk turun balap dengan mobil dengan wing besar yang awalnya sempat tidak disetujui oleh Plymouth. Namun karena takut Petty berpindah ke Ford, akhirnya Plymouth membuat Superbird khusus untuk Petty. Sayangnya, mobil ini hanya bisa berlaga setahun di tahun 1970 karena NASCAR langsung melakukan perubahan regulasi karena aerodinamika Superbird yang dianggap overpowered.

Oiya, Richard Petty juga tampil di film Cars sebagai sebuah Plymouth Superbird bernama Strip “The King” Weathers di tim Dinoco, dialah pengisi suara dari Strip Weathers. Ikon balap dengan mobil yang ikonik, hail the king of NASCAR.

  1. Bugatti Type 35

Foto: Hemmings

Mobil ini mungkin mobil paling tua di list ini, karena Bugatti Type 35 pertama kali diperkenalkan di Grand Prix of Lyon pada 3 Agustus 1924. Sebagai salah satu pioner mobil performa tinggi, mesinnya juga luar biasa pada masanya. Dengan bekal mesin straight-8 1.991cc dan 3 katup per silinder, Bugatti Type 35 dapat mengeluarkan tenaga 90 Hp dan RPM maksimal 6.000 RPM.

Kemenangan sudah jadi makanan sehari-hari si Bugatti dengan lebih dari 1.000 kemenangan kumulatif di masanya. Bahkan secara statistik, Bugatti Type 35 memiliki rata-rata 14 kemenangan tiap minggunya. Artinya, setiap hari, ada 2 Bugatti Type 35 yang menang balap pada saat itu.

Total, ada 96 Bugatti Type 35 yang pernah diproduksi.

  1. Wally’s Jeans Porsche 911 RSR

Foto: Flickr

Porsche 911 selalu punya cult following yang besar. Kapan lagi ada mobil balap performa tinggi dengan mesin yang benar-benar di belakang? Varian dari Porsche 911 pun sangat beragam, salah satunya Porsche 911 RSR (RennSport Rennwagen) yang digunakan khusus untuk balap.

Salah satu 911 RSR yang memiliki livery ikonik adalah Wally’s Jeans, sebuah merek pakaian yang sesuai namanya, menjual jeans. Mereka sangat menghayati jeans tersebut, sampai-sampai Porsche 911 RSR mereka memiliki garis jahitan layaknya sebuah jeans. Einzigartig!

  1. Ford GT40 Gulf

Foto: Motorious.com

Livery Gulf Oil yang didasari oleh warna biru muda dan oranye melegenda ketika terpasang di sebuah Ford GT40 dalam ajang balap ketahanan Le Mans. Pada tahun 1966, Ford GT40 berhasil membantai Ferrari yang selama ini mendominasi Le Mans dengan posisi pertama, kedua dan ketiga. 

Kemenangan pun berlanjut ke tahun 1967, 1968 dan 1969. Atas dasar prestasi spektakuler Ford GT40, mobil ini pun menjadi ikonik beserta livery Gulf biru-oranyenya yang melekat. Bahkan kemenangan dan persaingan Ford GT40 dengan Ferrari diangkat menjadi film Ford Vs Ferrari.