Warna biru itu bisa dibilang warna aman tapi nggak ngebosenin. Berdasarkan beberapa riset, warna biru adalah warna favorit kebanyakan orang. Karena, warna ini dinilai aman, nyaman, dan memberikan rasa tenang.

Warna biru juga kini mulai populer kembali. Beberapa ahli mengatakan kalau warna biru ini bisa-bisa menyalip warna putih sebagai warna favorit. Apalagi, ternyata warna biru juga gak gampang kotor. Warna biru juga variatif, dari gelap, terang, campuran, dan lainnya.

Sehingga, apa saja sih warna biru dari mobil favorit DeepEnd? Sekalian deh, ini bisa jadi referensi modifikasi kalian kalau mau repaint ke warna biru.

  1. BMW Le Mans Blue

Foto: BMWblog.com

BMW dan biru itu selalu melekat. Di logonya ada biru, di divisi M ada warna biru. Bahkan, Alpina juga ada warna biru. Warna biru pada mobil BMW pun banyak variasinya, misalnya yang populer di BMW E36, yaitu Estoril Blue.

BMW pun tampaknya jatuh cinta pada warna biru. Karena, BMW total memiliki lebih dari 50 varian warna biru selama ini. Salah satunya adalah Le Mans Blue yang pertama kali hadir di BMW E39. Warna dengan kode 381 ini tersedia di pilihan warna BMW Individual bersama dengan puluhan warna biru lainnya. Bicara tentang intensitas dan kedalaman, Le Mans Blue berada di tengah-tengah Avus Blue (code 276) dan Estoril Blue (code B45). 

Kalau kata blog BMW, warna ini dijamin bisa bikin mobil menonjol diantara mobil lain dengan elegan, apalagi di model BMW ///M.

  1. Pagani Zonda Tricolore Blue Lacquer

Foto: FastestLaps.com

Pagani Zonda Tricolore merupakan sebuah tribut untuk tim aerobatik nasional Italia. Unit pertamanya pun ditujukan untuk  importir asal Spanyol. Ciri khas utamanya adalah sebuah strip two-tone pada bagian samping, dan strip bendera Italia yang dimulai dari bagian depan sampai belakang.

Mobil ini dilabur warna Blue Lacquer. Yang mengagumkan, warna biru dini dibalur di atas untaian carbon fiber sehingga memberikan finishing yang sangat unik dan elegan. Kata siapa carbon fiber tidak bisa di cat?

  1. Nissan Bayside Blue

Foto: Frytography

Kalau ngomongin warna biru, tentunya harus bicarain warna dari legenda Nissan ini, yaitu Bayside Blue dengan kode TV2 yang hadir di Skyline R34. Saking melegendanya, warna ini comeback di GTR 50th Anniversary. 

Ada kisah unik dari warna yang eksklusif di generasi R34 ini. Karena, kebanyakan mobil Bayside Blue memiliki sasis warna hitam. Hal ini terlihat dari ruang mesinnya yang banyak berwarna hitam dengan sedikit overspray warna biru. Ini bukan karena repaint, tapi memang demikian dari pabrik. Berdasarkan info dari forum, GT-R dan V-spec memiliki ruang mesin hitam.

Berdasarkan pengalaman teman DeepEnd yang sedang mengecat mobilnya warna Bayside Blue, rupanya cukup sulit untuk mereplikasi warna ini. Tapi tenang saja, banyak produsen cat yang memiliki pre-mix cat ini. Warna biru ini cocok kok untuk mobil selain Skyline R34.

  1. BMW Estoril Blue

Foto: PCarMarket

Saking banyaknya warna biru BMW, rasanya gak cukup BMW muncul cuma sekali di list ini. Inilah warna legendaris yang kini juga banyak ditemui di E36 Indonesia, yaitu Estoril Blue yang muncul di BMW M3 E36.

Warna Estoril Blue terinspirasi dari track Autodromo do Estoril di Portugis yang menjadi tuan rumah balap F1 dari tahun 1984 sampai 1996. Track ini juga menjadi tempat kemenangan pertama Ayrton Senna.

Warna biru ini dinilai mampu mengeluarkan desain BMW, apalagi pada model M dengan garis yang mengalir dan lekukan tegas.

  1. Porsche Petrol Blue Metallic

Foto: PCarMarket

Porsche Petrol Blue Metallic disebut-sebut sebagai warna yang tidak terlalu umum bagi mobil Porsche. Informasinya memang simpang siur, konon sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 1978, warna ini hanya tersedia selama beberapa tahun.

Petrol Blue Metallic memiliki ciri khas berupa campuran hijau pada catnya, memberikan efek colour shift jika dilihat dengan intensitas cahaya berbeda. Cat ini sendiri adalah cat metallic single stage tanpa clear coat, sehingga perawatannya tidak bisa sembarangan.

Tapi menurut DeepEnd, boleh banget warna ini direplikasi di mobil modifikasi dengan teknik berbeda, misalnya two-stage dengan clear coat, tidak ada salahnya bereksperimen.

 

  1. Ford Mystichrome Blue

Foto: Ford Performance

Istilah Mystic adalah istilah yang digunakan Ford dalam warna colour shifting-nya. Pertama kali diperkenalkan pada SVT Mustang Cobra 2004. Cat ini memiliki pigmen khusus dengan flake sintetis berketebalan 1mm sebagai prisma pemecah cahaya untuk merubah warna mobil tergantung dari sudut pandang.

Kini, efek Mystic tersebut pernah diaplikasikan pada warna biru sebuah Ford GT milik Justin Choi. Kabarnya, dia rela membayar tambahan 100.000 USD untuk finish mystichrome ini.

Hasilnya, warna ini menjadi 1 dari 1 pada sebuah Ford GT. Sehingga, warna biru dari Ford GT milik Choi seakan-akan mengeluarkan pelangi jika dilihat pada sudut tertentu. Sebuah warna kompleks yang spektakuler.

  1. Blue Mica Subaru

Foto: chtiphotocar.com

Subaru dan warna biru juga melekat erat seperti BMW dan warna biru. Hanya saja kalau Subaru ditambahkan aksen emas dari velgnya. Hal ini karena legenda Subaru Biru bermula dari Subaru Impreza 555 yang digunakan oleh Colin McRae.

Warna biru pun selalu melekat ke Subaru dan tersedia di semua lini Subaru Impreza WRX dan beberapa model lain dengan nama World Rally Blue Mica atau Sonic Blue.

  1. Long Beach Blue Pearl Honda NSX

Foto: Acura

Honda melakukan comeback supercar dengan merilis Honda atau Acura NSX pada tahun 2016. Honda NSX sendiri akan segera mati dengan peluncuran Honda NSX Type S.

Namun, pada facelift 2021, Honda merilis warna baru untuk mobil ini, yaitu Long Beach Blue Pearl yang juga comeback karena sebelumnya tersedia di Honda NSX generasi pertama, hanya saja sebelumnya tanpa pearl sehingga lebih gelap.

Ingin membeli NSX 2021 dengan warna ini ketika baru? Warna ini termasuk ke dalam Premium Color selection sehingga harus membayar ekstra 1.000 USD.

  1. Dark Sapphire Blue Metallic Buick

Foto: Buick

Warna Dark Sapphire Blue Metallic merupakan warna yang digunakan pada mobil konsep Buick Avista Concept. Sebuah Gran Tourer 2+2 dengan platform A dari GM, anggap saja saudara dari Chevrolet Camaro.

Warna biru ini memiliki aksen keunguan pada beberapa sisi. Memberikan kombinasi yang tidak biasa dan terlihat elegan. Mungkin untuk gaya VIP, warna ini cocok sebagai alternatif warna lain.

  1. Porsche Miami Blue

Foto: Porsche

Warna Miami Blue dari Porsche dinilai sebagai salah satu warna paling karismatik pada Porsche Modern. Warna ini nge-jreng dan sangat berbeda dibanding warna Porsche lainnya yang cenderung konservatif.

Dijamin, kalau pakai warna ini, akan benar-benar menarik perhatian dan gak ngebosenin. Terus, kayaknya ini warna Porsche 911 4S yang kemarin sempat ramai itu.