Pekanbaru merupakan inkubasi yang DeepEnd lakukan sejak 3 tahun terakhir. Sebuah project yang diniatkan untuk melipatgandakan subjek hingga dapat menimbulkan dorongan level up pada kondisi permodifikasian di Pekanbaru pada khususnya, dan Riau pada umumnya.

Memang tak semua bisa merasakan diskusi langsungnya. DeepEnd memilih Creative Automodified sebagai laboratoriumnya. Intens sekali, bahkan sampai gedor-gedor meja. Hingga di 2022 ini, terlihat karya modifikasinya secara estetika semakin berwarna dan fungsional.

Akhirnya Pekanbaru bergerak terus. Melalui meet up dan kontes, salah satunya Bono Car Enthusiast x EMMA 2022.

Jaka Dewa sebagai Ketua Panitia Bono Car Enthusiast x EMMA 2022 di Pekanbaru 2 s/d 4 September 2022, punya pandangan spesial, “Di tahun ini, banyak pemain baru yang hadir turut ambil bagian. Apa lagi bengkel-bengkelnya juga menurunkan mobil-mobil premiumnya yang lebih fresh.” Dewa melanjutkan, “Semua insan modifikator bisa naik level, asal mereka melihat ke depan dengan arah modif yang lebih terarah dan perlu wawasan lebih luas dan tidak terpaku dengan modif yang itu-itu saja.”

Nah, di situlah Dewa menerima kolaborasi dengan EMMA (European Mobile Media Association).

Sungguh pertemuan yang brilian. Sebab EMMA memberikan pedoman bagi kelompok independen organisasi audio mobil nasional di seluruh dunia dengan menetapkan aturan dan peraturan di mana kompetisi SQ, ESPL dan EMMA Racing diadakan. Dekat-dekat deh dengan EMMA, pasti terinspirasi dan terboosting oleh hawa kompetisi yang lebih tinggi.

EMMA juga mendorong kompetitor dan installer untuk memperluas pengetahuan mereka tentang peralatan yang mereka gunakan. Ini kemudian akan menghasilkan standar kualitas yang lebih baik untuk instalasi dan memastikan peralatan akan bekerja secara optimal. Tujuan akhirnya ini akan menghasilkan pesaing dan/atau pelanggan yang puas.

Jadi…, adakah yang berkomentar negatif pada Bono Car Enthusiast x EMMA 2022? Semoga tidak ada. Jika adapun, kesampingkan saja. Lebih baik ambil hal-hal terbaik dari event ini.

“Saya ingin juga ada kompetisi audio yang mencakup nasional. Biar kawan-kawan modifikasi bisa melihat juga kompetisi itu bukan di kontes saja. Tapi ada juga kompetisi audio yang jarang dilihat di Riau, khususnya digabung bersamaan dengan kontes mobil,” tegas Dewa.

Berkolaborasi adalah berbicara soal saling berkompromi untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. “Maka dari itu saya undanglah EMMA untuk bergabung di Bono Car Enthusiast 2022 supaya wawasan kawan-kawan di sini bisa lebih terbuka khususnya untuk audio,” ucap Dewa.

Robert Adrianto, Presiden EMMA Indonesia, tak menampik soal level up ini. “Ini event kita ke-2 di Pekanbaru. Saya melihat potensi penggemar otomotif di Pekanbaru tidak kalah dengan kota-kota di Jawa. Terlihat dari antusiasme peserta yang dari tahun ke tahun memperlihatkan pertumbuhan secara signifikan.”

Nah, DeepEnd senang sekali. Artinya ada kesinambungan dan integrasi antara pemain lokal, pemilik certified contest dan media nasional yang pada ujungnya sama-sama memiliki tujuan meningkatkan mutu modifikasi mobil setempat.

“Kita dari EMMA Indonesia memang mempunyai misi untuk masuk ke daerah-daerah, agar kota-kota di daerah juga dapat mengenal EMMA sebagai asosiasi audio mobil internasional yang mempunyai standar kompetisi baku dan dipakai di berbagai negara,” kata Robert.

“Melihat hasil event dari Pekanbaru kemarin, ternyata sejalan dengan misi kita kedepankan. Kita yakin bahwa di daerah masih banyak potensi daerah yang belum digali dan kami yakin bahwa perkembangan otomotif daerah juga dapat mengimbangi kota-kota besar lainnya di Indonesia,” ujar Robert.

Bono Car Enthusiast x EMMA 2022 merupakan puncak dari hasil kerjas keras komunikasi modifikasi. Jangan begini, kudu begini. Pakai ini, bukan itu. Semua menyesuaikan dengan pendekatan “Fashion/Form Follow Function”. Wajib karyanya bisa dipakai di jalanan, sehingga roadtrip dilalui tanpa kendala. Mobil itu bukan patung, tapi benda bergerak.

Dewa mengatakan, “Alhamdulillah sukses. Peserta modifikasi full luar-dalam untuk modifikasi. Untuk EMMA juga ini yang paling ramai di Sumatera peserta audionya, termasuk kontes Venom.” Keunggulan acara ini adalah belum ada yang buat di Sumatera 1 event dengan 3 acara seperti di Transmart Pekanbaru ini. Di depan outdoor ada modifikasi dan audio EMMA. Di indoor ada kontes modifikasi dan panggung, sedangkan di belakang gedung terdapat EMMA dan Venom. Acara di 1 tempat yang tak saling mengganggu antar acara lainnya.

Peserta yang datang ada dari kota Bengkulu, Jambi, Sumbar dan Jakarta, meliputi 13 komunitas, 6 bengkel dan 100 peserta kontes. Dari event ini, DeepEnd mencatat beberapa mobil sudah dalam kategori nasional gayanya, seperti Mark X, Civic hatchback, E200, Hilux, Accord, FT86, F30, Alphard, Porsche dan banyak lagi.

Kita tunggu tahun depan. Semoga makin terbang!