Bandung kini bersemi kembali. Makin banyak keriaan yang memancing ketertarikan untuk kembali mendatanginya. Salahnya satunya melalui Bandung Car Modification Contest 2022.

Menurut Hilvan Badot, dari Paguyuban Org yang membidani acara ini, “Kegiatan Bandung Car Modification Contest 2022 (sudah) menjadi wajah modifikasi di Jabar atau Indonesia yang jauh lebih maju.”

Eng ing eng…, sebuah pernyataan yang menggembirakan!

Hanif, salah satu dedengkot Paguyuban Org, mengungkapkan, “Car scene Bandung khususnya mengalami kenaikan signifikan dari tingkat modifikasi, telah mengarah lebih proper dalam membangun sebuah karya. Dan dalam beberapa event, alhamdulillah, Bandung semakin ramai dengan adanya acara meet up mingguan atau bulanan yang sering diadakan oleh beberapa komunitas.”

Paguyuban Org bahkan menyambut usulan DeepEnd.

 

Agar semua insan Jabar ikut naik kelas, DeepEnd mengusulkan agar Paguyuban Org mengadakan Car Modification Contest se-Jawa Barat. Hal ini disambut oleh Hanif, “Kami dari Paguyuban Org sudah mempunyai konsep acara yang bernama West Java yang pada akhir tahun 2021 kami selenggarakan. Mungkin ke depannya kami ingin mengadakan event roadshow per kota khususnya di Jawa Barat. Moga-moga kami juga bisa mengadakan event nasional tour tiap kota dan finalnya Bandung sebagai tuan rumah.”

Senada dengan Hanif, Badot pun punya tujuan serupa, “Ini memang menjadi goal kita untuk mengadakan roadshow se-Jabar, sempat akan berjalan namun tertunda karena pandemi.”

Di tahun 2020, DeepEnd pernah bawel di sebuah acara meet up yang keren di Bandung, bahwa perlunya greget baru dengan sejumlah komunikasi intens antara seluruh pelaku tanpa adanya batasan senioritas/aliran/jenis mobil. Kini, dengan relisiens yang dimiliki, Bandung sebagai barometer modifikasi di Indonesia kembali terbit.

Tak usah jauh-jauh, cukup mengukur Bandung Car Modification Contest 2022. Menurut DeepEnd, respon car enthusiast sudah sangat siginifkan membaik. Indikasinya antara lain:

  1. Mutu kualitas modifikasi yang ditampilkan makin Deep hingga End. 
  2. Warna modifikasinya semakin beragam dan lebar. Tak hanya stance, tapi keterwakilan aliran lain juga unjuk gigi. 
  3. Ragam peserta bukan hanya didominasi oleh Bandung, melainkan dari Bandung Raya dan banyak kota besar lainnya di lain provinsi yaitu Jabar, Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali. 
  4. Respek terhadap panitia semakin tinggi. Membayar HTM, tiada protes peserta akan hasil, kebersihan venue, walaupun loading in masih agak tersendat yang menjadi otokritik bagi panitia untuk menyempurnakannya kelak. 
  5. Konten yang unik. Seperti hydro koplo yang sekarang digandrungi anak-anak muda Bandung dan sekitarnya, merupakan jawaban nuansa baru “mengganti” genre music by DJ. Atau pemberian stage bagi 22 peserta pemesan VIP. 
  6. Door prize menjadi daya tarik peserta maupun pengunjung. Terdapat 1 unit BMW E36, 2 set velg HSR, 1 set coilover Lyberti Club dan 3 unit ponsel.

Pemilihan venue juga ikut berkontribusi. Posisinya yang berada di tengah-tengah kota Bandung, dan lahan yang cukup luas adalah kunci. Dekat dengan hotel-hotel buat peserta ‘musafir’. Lokasinya pun dekat dengan markas tentara, yang memberikan efek peserta dan pengunjung lebih aware dan disiplin. “Harapannya kan akan jarang terjadi hal-hal negatif,” ujar Mohammad Willy, ketua panitia Bandung Car Modification Contest 2022.

Willy melanjutkan, “Peserta yang hadir 175 mobil, dari berbagai kota di Indonesia di luar Bandung Raya seperti Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Bandar Lampung, Bali, Jogja, Jakarta, Semarang, Serang, Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi dan Karawang.” Komunitas juga banyak hadir, TKCI, Cambergang, HSR Team, Kagok Edan, New Dimension, ART Custom Team, dan lainnya.

Oleh karenanya wajar bila Fahmy Mbel menyucap syukur. “Ini melebihi ekspektasi saya! Yang hadir mengikuti acara di BCMC 2022 sungguh luar biasa. Mobil-mobil full spec bisa hadir mengikuti acara di sini. Saya ucapkan banyak terima kasih, sekaligus saya meminta maaf banyak kekurangan seperti faktor cuaca yang kurang bersahabat,” ucap founder Paguyuban Org yang mengcreate dan mengorganize Bandung Car Modification Contest 2022.

Biasanya jumpa hanya di dunia maya, berkat Bandung Car Modification Contest 2022 bisa bertemu langsung. Yang kita hanya bisa melihat mobilnya di dunia maya, ternyata aslinya jauh lebih keren. Mereka semua menikmati acara hingga event ini memutuskan Audi A4 milik Leon dari Kagok Edan sebagai King Of The King!