Sesuai Namanya, Masqul Memang Cool

DeepEnd sekali saja bertemu Masqul.
Sesuai namanya, doi memang cool.
Bukan pemain baru di dunia modifikasi mobil, bahkan dunia motor pun Masqul khatam luar-dalam. 

Jadi soal Mark X, kita tak perlu heran, jangkauan selera dan teknisnya melompat sedemikian jauh. 

Mark X ini memiliki bodi yang panjang sekaligus lebar. Boleh dikata bongsor. Basis yang sangat nyaman dikendarai, bahkan setelah dibuat rebah dengan suspensi udara. Bayangkan, mesin 2.500 cc, V6 dan gerak roda belakang, pasti enak bukan dikendarai?

Tapi rupanya Masqul, pemilik KS Motor di Alahan Panjang, Sumatera Barat, ini memfacelift Mark X 2012 menjadi 2018. Bumper depan dan belakang, serta lampu depan-belakang ikut bersinar kembali, saking bedanya.

Setelah itu, disembur cat purple candy dengan high solid clear coat dari Glasurit. Material cat yang digunakan keluaran dari Wanda SB (special base) keluaran AkzoNobel. Terlihat ungu dan sedikit magenta, apalagi saat terkena paparan sinar cahaya. Kalem tapi tegas.

Aplikasi candy terbilang cukup sulit. Sebab sifat cat candy itu transparan. Ingat, metallic candy dihasilkan dari warna dasarnya. Jika aplikasi tidak hati-hati, akan membuat buat warna tidak merata. Bahkan bisa terlihat seperti bercak-bercak. Sejurus dengan itu, lapisan tiap panel harus sama ketebalannya, untuk menghindari belang. “Warna dasar purple candy ini bukan silver, melainkan grey dengan partikel metalik yang kasar,” ucap Harprit Singh, punggawa Creative Automodified yang memilih grey agar efek purplenya sedikit lebih gelap dibanding dasaran silver.

Harprit sama khatamnya dengan Masqul. Tapi Harprit khatamnya di cat. Maka, ia dengan segera geser ke kaki-kaki. Velg dipercayakan pada SSR MS3 dengan ukuran 19x(10+11) dengan offset belang 5/-15. Akibatnya, butuh fitment bodi ke velg yang harmonis. Maka dilakukan radius dan wide body yang natural. Radius bodi belakang kurang lebih 3 cm dan wide bodynya kurang lebih 4 cm. Itupun dengan kondisi ban memakai Accelera Phi 235/35ZR19 dan 265/30ZR19. 

Hasilnya signifikan berbeda. Bukan sekadar tongkrongnnya, cara mobil berdiri dan parkir juga enak dilihat. SSR MS3 menyumbang peran yang cukup serius. Facenya kelihatan enggan ngebosenin, dan sedikit mirip dengan BBS LMR. Apalagi facenya sekarang sudah dianodized dengan warna gold krom.

Untuk pergerakan body drop, Masqul tak menggunakan camber kit. Sebab Mark X sudah auto camber depan/belakang saat air out. Air BFT dengan sistem manajemennya, jadi kuncian. Kaki-kaki bolt on coilover bag, yang bisa diatur soft-hardnya sampai 32 titik. Manajemen ini berguna untuk menyimpan 4 memori ketinggian/kerendahan mobil.

Kuncian terakhir adalah body kit Modelista. Penambahannya berupa add on di bumper depan, side skirt dan rear diffuser. Modelista bukan hanya elegan, tapi juga bikin mobil ini lebih kekar.


Workshop:
Creative Automodified @creative automodified

Data Mods:
Body face lift kit 2018, Modelista body kit, Creative Automodified natural wide body, Creative Automodified fender radius, Creative Automodified candy purple, Creative Automodified duck tail, Creative Automodified roof spoiler, race display steering wheel, carbon panel trim, Crossfire 2-way speaker, Crossfire rear speaker, Crossfire processor, JL Audio subwoofer 10 inches, Pioneer headunit A345, SSR MS3 19x(10+11) inches, Accelera Phi 235/35ZR19 & 265/30ZR19, Brembo GT6 front brake BBM 355 mm/6 pot, Brembo GT4 rear brake 345 mm/4 pot, Air BFT air suspension w/ management system, custom Valvetronic full system exhaust