Ketika bicara mobil rally, pasti kebanyakan terpikir tentang mobil sedan maupun hatchback yang memiliki sistem penggerak 4×4. Sebuah mobil rally berbasis MPV pun seringkali hanya menjadi imajinasi belaka.

Tapi imajinasi ini nyatanya dimiliki oleh Rifat Sungkar sejak 3 tahun lalu, dimana konsep Mitsubishi Xpander AP4 dipajang di GIIAS 2019. Pereli nasional ini pun mewujudkan impiannya sampai mengembangkan mobil ini dengan pihak RalliArt di New Zealand.

Xpander AP4 dibangun tanpa mengambil jalan pintas sedikit pun. Untuk mengikuti regulasi, maka Xpander AP4 sudah menggendong mesin 4B11T dari Lancer Evolution X, hanya saja strokenya dikurangi menjadi 1.600 cc turbo dengan tenaga hingga 340 Hp.

Tentunya, Xpander ini sudah tidak mengandalkan penggerak roda depan dengan transmisi biasa. Semua komponen tersebut sudah digantikan oleh transmisi sekuensial XTRAC 5 speed dan All Wheel Drive.

Dipiloti oleh Rifat, Mitsubishi Xpander AP4 pun berhasil memperkaya portofolionya karena pada 25 September 2022 lalu, Rifat bersama co-driver Benjamin Searcy memenangkan dan meraih gelar juara Rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC), sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022.

Pencapaian ini diraih bukan tanpa halangan, misalnya pecah ban 2 kali yang disebabkan karena ganasnya lintasan rally serta suhu yang tinggi pada hari pertama. Meskipun demikian, tim XPANDER Rally Team tersebut berhasil mencatat waktu 2 jam 2 menit dan 24,4 detik setelah menyelesaikan 12 SS sejak hari pertama.

Xpander AP4 akan berlaga nanti pada Putaran-3 dan Putaran-4 di Rally Muara Bungo Jambi pada Oktober 2022 mendatang.