Tidak terasa 10 tahun sudah Toyota Agya mengaspal di Indonesia sebagai salah satu pemain kelas LCGC terkuat bersama dengan saudaranya, yaitu Daihatsu Ayla. Toyopta Agya pun pernah mendapatkan beberapa penyegaran mayor dan minor untuk menjaganya tetap segar.

Bila lawannya, Honda Brio juga sudah memasuki generasi kedua, kini saatnya Toyota Agya memasuki evolusinya menuju generasi kedua yang dijuluki “The Exciting City Car”.

Pertama-tama, Toyota telah melakukan perubahan total dari New Toyota Agya, bahkan platformnya kini sudah berbeda. Untuk mesin, Toyota belum memberikan spesifikasi detail pada press conference yang dilaksanakan pada 13 Februari 2023. Namun, toyota mengklaim akan ada kenaikan torsi sekitar 20% serta efisiensi bahan bakar.

Kemudian yang sudah pasti, transmisi otomatis 4 percepatan konvensional kini beralih menjadi transmisi CVT yang halus dan efisien. Toyota mengklaim Toyota Agya dapat mencetak konsumsi BBM hingga 21 Km/L.

Platformnya mengalami perubahan dimana bodi dibuat lebih rigid, serta geometri suspensi yang berbeda agar Agya bisa semakin fun to drive.

Perubahan utama adalah dari segi desain dimana Toyota Agya kini mengadopsi gaya Powerful & Aggressive. Hal ini terwujud terutama dari bentuk fender belakang dengan garis bervolume dan menggembung yang menunjukkan kesan ‘powerful’.

Interior dari New Agya juga dibuat untuk berorientasi kepada pengemudi. Desainnya pun serupa dengan model Toyota kekinian, misalnya Toyota Raize.

Untuk tipe GR, tidak hanya mendapatkan ubahan kosmetik belaka. Toyota melakukan perubahan pada power steering, gearing dari setir, per, dan shock absorber supaya lebih sporti. Interior juga mendapatkan sedikit penambahan fitur dimana penggunaan cluster layar 7 inci tft seperti pada Raize lah yang paling menarik perhatian kami. Sedikit detail tambahan, Toyota Agya GR Sport tidak termasuk dalam kategori LCGC alias naik kelas.

Toyota belum memberikan detail lengkap akan perubahan New Toyota Agya. Sepertinya, DeepEnders harus menunggu hingga ajang IIMS 2023 yang akan dilaksanakan pada 16-26 Februari 2023.