Apa yang terjadi di Tokyo Auto Salon 2023?

Eksibitor pada akhirnya punya cerita. Setelah pandemi yang benar-benar ganjil dan membuat banyak pihak tak sabar untuk memperlihatkan apa yang mereka kerjakan selama 2 tahun belakangan. 

Semua level menggebrak.
Semua car brand unjuk gigi.
Semua aftermarket product rilis new line up.
Semua bengkel ikut show off.
Dan banyak komunitas/privateer yang ikut serta.

Persamaan mereka adalah: research and developmentnya menghasilkan barang dan karya yang bermutu, presisi dan inovatif. 

Yeah, pokoknya senang sekali bisa kembali ke Jepang, khususnya Tokyo. Apalagi setelah pandemi yang membuat DeepEnd menjadi lebih kreatif dari biasanya dengan mengadakan road trip untuk bersenang-senang bersama inner circle, atau peliputan luar kota yang sifatnya personal, dan begitu banyak lagi yang sifatnya outdoor. 

Tapi DeepEnd tak ingin sendiri dalam #MencariKiblat. Mengajak serta Gesrexgang. Total bertiga orang yang tekun membuat itinerary sedetail mungkin. Sebab terkait dengan biaya yang bisa membengkak. Misal jika tanpa JR Pass, sehari kami membayar kereta bisa 1.000 yen, yang setara dengan 120 ribu rupiah. Silakan kalikan 3 orang. Jika 5 hari saja sudah habis hampir 2 juta rupiah. 

Kami tinggal di daerah Sumida City, persis di bawah Tokyo Sky Tree, yang dekat kemana-mana. Tak jauh juga dari stasiun kereta. Bahkan easy to find banyak makanan pengisi perut. Soal ini memang Zikri Gesrexgang jagonya. Walau tak bisa bahasa Jepang, ia paham bahasa dan kode-kode Tarzan. Well everyhthing under control di bawahnya. 

Sementara Aldi, cukup bertugas menghabiskan camera storage, mengunyah mulut dan berfoto bersama cewek-cewek Jepang yang sayangnya kebanyakan enggak mau fotoan ama dia. 

Tugas Koted? Hahaha…, bendahara dan mentor. Khusus peran terakhir, tujuannya adalah membagikan pengalamannya dan sistem kerja ke Zikri dan Aldi. Bagaimana membuat temu janji, mengatur peliputan yang sistematis, membuat ice breaking, cara menginterview lebih dalam, dan banyakkkkkk lagi. 

Bekerja as a team work itu menyenangkan. Kalaupun ada yang error, review dan evaluasinya tak pernah ke personal. Sekejap beres, lantas senang-senang lagi. 

Yessss, bersenang-senang itu bekerja loh bagi kami. Kami bekerja bahkan didukung oleh Accelera @accelera_radial @acceleraindonesia, Suzuki Indonesia @suzuki_id, Creative Automodified @creative_automodified, Empire Auto @empireauto.2, Drivetech Auto Garage @drivetechautogarage, Rocket Chicken @rocketchickenofficial, Concept Motorsport @conceptmotorsport, Revolution Wheels @revolution_wheels, Durable Indonesia @durable.indonesia, SS Performance @ssperformanceshop, KW Suspension Indonesia @kw.suspension.id, Work Wheels Indonesia @workwheelsindonesia dan Tein Indonesia @teinindo. Sehingga liputan kami bisa lebih lebar dan dalam. 

(to be continued)