Ketika DeepEnd main di Tokyo Auto Salon 2023, ada satu mobil yang cukup menarik perhatian DeepEnd di booth KW Suspension x ST Suspension, sebuah Toyota Supra yang kelirnya agak hijau, tapi berpola, bukan hijau polos. Jangan salah ya, terlihat seperti kuning, sebab kuning juga identik dengan warna pendamping serat karbon. 

Rupanya, Toyota Supra ini telah menggunakan bodi karya HGK Motorsport dari Latvia. Siapa mereka? Sebut saja sekelompok orang yang doyan bikin mobil drift dengan bodi carbon-kevlar yang kehijauan.

Toyota Supra ini bukanlah karya pertama mereka. Nama HGK pertama kali booming dengan BMW E92 “Eurofighter” yang debut pada tahun 2017 dan langsung dipakai untuk Formula Drift oleh pemilik HGK, Kristaps Bluss.

Setelah itu, HGK mulai mengembangkan mobil lain, salah satunya adalah Toyota Supra A90 ini. Debutnya adalah pada Juni 2020, sebuah video memperlihatkan Supra ini langsung drifting di area hutan Latvia oleh Bluss saat mobilnya masih baru dan standar.

Untuk bodi, HGK menjual secara bebas kit wide body berbahan carbon kevlar ini. Memberikan kesan warna yang unik dan terkesan gila. Panel ini juga sangat ringan dimana mobil demo HGK turun sekitar 400 kg. Namun tentunya tergantung pada pengurangan bobot lainnya.

Mobil karya HGK juga bukanlah sebuah mobil kontes belaka. Semua mobil yang dibuat pasti diikutsertakan untuk balap drifting. Untuk mobil demo mereka, mesinnya menggunakan 2JZ dengan stroker Brian Crower dan turbo Garret G35-900 untuk tenaga hingga 826 Whp.

Pada mobil yang DeepEnd temui di Tokyo Auto Salon, tampak ada perbedaan spesifikasi. Misalnya ketika mengintip kap mesin, mesinnya bukanlah sebuah 2JZ, namun sebuah mesin LS dengan twin turbo Garrett, HGK memang menjual kit mounting untuk mesin LS sebagai opsi.

Jika spesifikasi transmisi mengikuti mobil demo HGK, maka berada di kelas atas, transmisi sekuensial Samsonas yang dijual seharga kira-kira Rp 150 juta rupiah di website HGK. Gardannya pun menggunakan Winter Quick Change yang harganya juga tidak murah.

Pada unit di Tokyo Auto Salon ini, jelas menggunakan suspensi ST Coilovers sebagai sub brand dari KW Coilovers yang menawarkan coilover untuk berbagai kebutuhan spesifik. 

Kami masih terkagum akan ide Kristaps Bluss dan rekan kerjanya. Benar-benar gila untuk membuat mobil balap dengan tingkat setinggi ini.

Pertanyaannya, mau dipakai balap dimana mobil ini? Coba tebak ya!


Untuk keterangan lebih lanjut tentang ST Suspensions Indonesia, bisa hubungi:
@kw.suspension.id
Email: kw.suspension.id@gmail.com
HP: 0821 108 77777