Saat kami #MencariKiblat, rupanya di Tokyo Auto Salon, kami bertemu dengan Mamoru Takahashi. Pria yang ramah dan berwibawa ini berhasil kami temui di booth MID Wheels, Hall 5 Makuhari Messe.
Mamoru Takahashi adalah pemilik dari Takahashi Co., Ltd. Pada 2017, kami sudah saling bertemu di Osaka. Di momen itu, Takahashi Co., Ltd yang yang berbasis di Sapporo,
Baru beberapa bulan sebelumnya dinyatakan sebagai pemegang merek Accelera untuk wilayah Jepang. Pada event Osaka Auto Messe 2017, Accelera Japan resmi memulai tampilan perdananya di Jepang. Membuka booth 4×2 sebanyak 2 unit, memajang ban-ban Accelera.
Pertanyaannya, merek Indonesia ini kok bisa ada di Jepang?
Rupanya Mamoru Takahashi mengintip kesuksesan Accelera di Amerika dan Eropa. Bahkan bukan saja menembus market Jepang dengan hanya berbekal Accelera Phi-R dan Accelera 651 Sport, namun Accelera Japan bahkan sudah mulai dikenal di kalangan 4×4 dan overland adventure.
Dan kini…, kami bertemu lagi di Tokyo Auto Salon 2023.
Sudah ada Toyota Crown putih dan Toyota FT86 merah yang semuanya memakai ban Accelera. Mixed feeling! Rasanya mirip seperti nonton timnas di luar negeri. Berdegup, berdesir, campur aduk. Bayangkan, Jepang sebagai kiblat modifikasi, memiliki tuner-tuner yang percaya pada ban buatan Indonesia.
Mamoru Takahashi menyebut, “Seri Phi dan 651 Sport sangat populer di sini.” Kemudian ia melanjutkan, “Accelera juga memiliki reputasi yang baik untuk kesunyiannya.”
Sejak diluncurkan pada tahun 2017, penjualan terus meningkat. Pasar terganggu saat pandemi Covid-19 dan melemahnya Yen, “Tetapi tahun ini kami telah mendapatkan kembali ketenangan ekonomi, dan kami percaya bahwa kami masih dapat mengembangkan pasar.”
Pada kesempatan ini, DeepEnd menyaksikan Toyota New Crown memakai seri Phi-R 225/40R20. “Pada Crown ini, kami menekankan kenyamanan berkendara dan ingin Anda melihat opsi saat menyesuaikan roda berdiameter besar,” ucap Mamoru Takahashi.
Sementara Toyota FT86 menggunakan seri 651 Sport dengan ukuran berbeda yaitu 235/40R17 dan 255/40R17. Mamoru Takahashi berkata, “Toyota FT86 memiliki banyak pengemudi yang senang ngebut, jadi kami memilih 651 sport dengan cengkeraman yang sangat baik.”
Pertemuan singkat itu, 30 menit, meninggalkan kesan yang mendalam. Bertemu dengan Mamoru Takahashi yang berjuang membawa brand Indonesia menembus pasar otomotif Jepang yang sangat kompetitif seperti bertemu dengan saudara yang sedang berjuang di negeri impian.