Mudik atau perjalanan pulang kampung selalu menjadi tradisi masyarakat Indonesia, terutama saat momen Lebaran tiba. Selama musim mudik, kendaraan pribadi seperti mobil menjadi pilihan favorit untuk pergi ke kampung halaman.

Meskipun sudah menjadi rutinitas tahunan, namun persiapan mudik tetap harus dilakukan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Menurut Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT SIS, sebenarnya ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan pemilik mobil ketika hendak mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan. Teknik penyimpanan dan tata cara menyusun barang bawaan agar tetap efektif diantaranya:

1. Mengoptimalkan prinsip Center of Gravity
Sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga, pemilik kendaraan dapat mengatur barang-barang bawaan dengan meletakkan barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah. Kemudian, baru disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan yang dapat ditumpuk di atasnya.

2. Pastikan beban seimbang antara sisi kanan dan kiri
Selain memperhatikan tata letak barang secara vertikal mulai dari yang dimensi besar di bagian bawah kemudian ditumpuk dengan dimensi yang lebih kecil di atasnya, pengendara juga perlu memperhatikan tata letak barang secara horizontal.

3. Perhatikan pengaturan interlock (barang saling mengunci)
Dalam mengatur posisi barang, pengendara harus memperhatikan posisi barang sebisa mungkin rapat ke bagian body mobil bagian kanan dan kiri, serta tidak menyisakan ruang kosong yang dapat menyebabkan barang bergeser. Adanya pergeseran barang dapat menimbulkan kerusakan karena goncangan atau gesekan antar barang.

4. Pertimbangkan muatan barang dengan daya muat mobil
Pengendara harus mempertimbangkan muatan barang yang dibawa, yang ditambahkan dengan berat penumpang juga. Beban tersebut dibandingkan dengan daya muat mobil dan usahakan tidak melebihi beban maksimum mobil.

5. Gunakan pengikat seperti bracket atau jaring
Setelah menerapkan empat poin sebelumnya, pengendara juga dapat menggunakan pengikat tambahan seperti tali atau bracket (jaring) untuk memastikan barang yang ada di bagasi mobil semakin tidak mudah bergeser atau berpindah tempat.

“Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda. Tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif. Pengendara perlu memperhatikan juga posisi peralatan recovery mobil seperti dongkrak atau kunci darurat agar mudah dijangkau jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain penerapan tata letak barang, pengendara juga harus memperhatikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga perjalanan lebih optimal. Untuk pengguna mobil keluarga Suzuki seperti All New Ertiga Hybrid, disarankan untuk melakukan pengecekan mobil terlebih dahulu di Bengkel Resmi Suzuki untuk memastikan kondisi mobil yang sehat dan kuat untuk dibawa perjalanan jauh,” tutup Hariadi.