Akhir pekan sempurna bagi Astra Honda Racing Team (AHRT) di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 atas raihan dominasi podium pada balapan pertama dan kedua kelas Asia Production 250cc (AP250). Putaran kedua ARRC digelar di Sepang International Circuit pada Sabtu dan Minggu (13-14/5).

Sejak sesi kualifikasi pada kelas AP250, AHRT terus menunjukan kekuatannya. Tiga punggawa balap yang turun di kelas ini yakni Rheza Danica Ahrens, Veda Ega Pratama, dan Herjun Atna Firdaus dapat menduduki barisan terdepan starting grid secara berurutan.

Pebalap asal Pati Jawa Tengah, Herjun berhasil menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finish, kemudian disusul oleh Rheza dan Veda. Seluruh podium ARRC AP250 berhasil ditapaki oleh pebalap AHRT pada balap pertama AP250.

Pada balap kedua yang berlangsung Minggu, 14 Mei 2023, para pebalap AHRT turun dengan motivasi tinggi.

Aksi saling menyalip tak terhindarkan, ketiga pebalap ini sangat kompetitif dengan semakin membuat jarak dengan pebalap lain.

Veda yang datang sebagai debutan di ajang ARRC, berhasil membuktikan kemampuannya dan meraih podium tertinggi pertamanya di ARRC, disusul oleh Herjun dan juga Rheza yang memberikan gap waktu 8,4 detik dari pebalap lain.

Pencapaian ini sekaligus menjadi catatan sejarah baru dalam ajang balap Asia, dimana dominasi podium pada satu tim terjadi secara berurutan dalam dua race. Selain itu, Veda Ega Pratama juga membuat pencapaian baru di ajang balap bergengsi Asia tersebut dengan menjadi pebalap termuda yang meraih podium tertinggi di usia 14 tahun.

“Alhamdullillah, senang sekali saya dapat kemenangan pertama kali di ajang ARRC ini. Saya fokus agar tetap tenang dan mengikuti irama grup depan. Pecahnya rombongan pertama dengan jarak yang aman, membuat saya lebih mudah dalam menjaga ritme. Ketika ada kesempatan overtake saya coba manfaatkan dan berusaha untuk bisa bertahan menyentuh garis finish pertama. Terima kasih untuk tim, orang tua, dan tentu para pecinta balap yang sudah memberikan doa dan dukunganya. Ini modal yang sangat baik, saya akan terus belajar dan berproses untuk lebih bagus lagi,” ujar Veda.