Yang namanya Egha Saputra itu “resep ngabodor”. Setiap waktu dan setiap menit ada aja banyolan yang terlontar. Walaupun antara gibah dan guyon beda-beda tipis pada akhirnya.
Dibalik kejenakaan itu, hadir sebuah keseriusan yang pasti dan hakiki. Mudah membuktikannya! Coba tengok mobilnya. Underrated atau justru hadir dengan fungsionalitas merangkul estetika?
Kalau tidak, tentu akan menganggu kredibilitas Egha sebagai punggawa bengkel kaki-kaki, Dimension Garage yang mangkal di pusat kota Bogor.
Civic memang favorit!
Sama-sama andal diajak disulap.
Gampang dimodifikasi karena bisa mencakup beberapa kriteria Power Trip (street racing) dan Erotism (stance).
Lumayan cakep, dan rapi.
Pada Civic 2013 milik Egha Saputra, si doyan ngocol, dan katanya bentar lagi nikah.
Mesin berkapasitas 1.800 cc dan head swap 2.000 cc pakai Civic FB 2015. Belum lagi kena tambahan turbo dan stand alone Ecu Shop boyongan Thailand dengan porsi Pertamax Turbo. Mode 1-2-3 menjadi opsi mulai dari harian, show off dan mode 3 untuk ugal-ugalan.
Mobil ini dibangun dengan satu tujuan yaitu daily stance, tapi kalau sempat, ya diikutkan kontes. “Mungkin karena saya membangun mobil ini memakai rasa dan pikiran, enggak heran di beberapa event mendapatkan champion as a king.”
Maka perhatian akan detail juga menjadi prioritas. Sebagai praktisi kaki-kaki, Egha memulainya pada undercarriage yang sesungguhnya tricky dan perlu kesabaran menentukan titik presisi. Sebab, hitungan akhir juga akan menentukan body work.
Egha melewati beberapa kali fitment correction. Hingga mendapatkan titik 0 dengan target ground clear, tanpa menggunakan lips dan splitter. Dari situ barulah dibuat radius senatural mungkin dengan patokan lebar velg di 11 dan 12.5 inci. Kisaran radius 3 cm di depan dan 6 cm di belakang hingga pintu. Itupun velgnya, final aplikasinya berupa step lips dan punya angka offset -10 dan -15 belakang.
Kalau persoalan ini sudah tuntas, kemana-mana enak.
Namun hambatan laten yang ditemui Egha antara lain:
Pertama, waktu pengerjaan sehingga butuh bersabar untuk mendapatkan hasil maksimal, terlebih menggunakan komponen aftermarket yang non abal-abal.
Kedua, velg dan turbo menunggu agak lama karena menggunakan turbo hybrid dan velg special order.
Bagaimana, tertarik?!?
Workshop:
Dimension Garage @dimensiongaragee
Data Mods:
Rotifom DVO 18x(11+12.5) inches, Toyo 225/35ZR18 & 275/35ZR18, AP Racing Radical 355 mm /6 pot & 355 mm/4 pot, Air Lift Performance w/ high sensor coilover kit, custom camber kit, custom camber plate, custom pillow ball, custom headlamp, custom front grille, Webasto sunroof, custom roof spoiler, custom duck tail, engine head swap to 2.000 cc, stance alone, Garrett AR 70 hybrid turbo, Tomei radiator, Trial blow off, Tomei waste gate, Tomei intercooler
Autoleder + Alcantara interior retrim, wood panel interior,Alpine head unit, Alpine H800 processor, Symphony 3-way speaker, DB Drive sub