Suzuki kini sedang gencar melakukan elektrifikasi pada mobilnya dengan metode mild hybrid, sebuah teknologi hybrid yang lebih sederhana dan secara biaya lebih terjangkau, awalnya diawali dengan Suzuki Ertiga yang bahkan pernah rilis dengan varian diesel Hybrid, kemudian Ertiga generasi kedua.

Kini, kembarannya pun turut tersambar oleh trend ini, yakni Suzuki New XL7 Hybrid yang versi hybridnya baru saja meluncur pada pertengahan tahun 2023.

Suzuki Suzuki New XL7 Hybrid bisa dibilang sebagai Low SUV dari Suzuki dengan basis Suzuki Ertiga yang sebelumnya juga sudah dielektrifikasi. Namun keduanya memiliki beberapa poin perbedaan seperti fasia berbeda, tambahan fitur, serta perbedaan pernak-pernik desain.

Suzuki Suzuki New XL7 Hybrid mendapatkan perubahan berupa penggunaan mesin K15B dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Mesin K15B memiliki kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC dengan VVT. Mesin ini sendiri memiliki kompresi 10.5 dan menghasilkan tenaga sebesar 105 Ps dan torsi 138 Nm. Pilihan transmisinya adalah manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Lalu bedanya apa dengan mesin K15B Suzuki yang lain? Jelas banget, teknologi hybrid adalah pembedanya. 

Mesin K15B dari Suzuki New XL7 Hybrid dibantu oleh Integrated Starter Generator yang dapat membantu mesin berakselerasi dengan sedikit lebih cepat, utamanya pada putaran awal. 

Dampak utamanya ada 2, pertama respon mesin menjadi lebih baik pada beberapa kondisi, utamanya pada keadaan stop and go dimana mesin biasanya mengalami beban paling tinggi.

Yang kedua hemat bahan bakar, karena motor ini mengurangi beban mesin, mesin bisa bekerja dengan lebih ringan dan irit.

Beberapa sumber mengatakan kalau sistem hybrid ini mampu membantu konsumsi bahan bakar Suzuki New XL7 Hybrid menjadi lebih baik, menghasilkan konsumsi dalam kota sekitar 13-15 Km/liter dan sekitar 16-18km/liter di jalan tol. 

Tentunya hal ini kembali lagi ke cara mengemudi serta kondisi jalanan. Pada pengetesan beberapa sumber tersebut, tes jalan tol konstan pada rata-rata kecepatan 95 kpj yang tidak lambat.

Agar lebih irit, direkomendasikan untuk berkendara dengan kecepatan konstan, Suzuki New XL7 Hybrid sendiri sudah memiliki Cruise Control untuk membantu pengemudi berkendara konstan di jalan tol pada tipe BETA dan ALPHA.

Apalagi Suzuki New XL7 Hybrid sudah memiliki sistem Idle Stop yang akan mematikan mesin ketika berhenti, misalnya di lampu merah agar semakin irit bahan bakar.

Jadi penasaran untuk mencoba? Cari informasi lebih dalam mengenai Suzuki New XL7 Hybrid melalui https://www.suzuki.co.id/automobile/new-xl7-hybrid?page_source=https://www.suzuki.co.id/automobile.