Pekan lalu, AMM (Automotive Modified Meetup) kembali hadir. 

Bila dulu sebelum pandemi, dimeriahkan dengan konsep segala model mobil, kini diisi dengan hanya mobil diesel. Baik Innova, Fortuner, Hiace, hingga FJ40. Baik Surabaya style, Thailand look atau sleeper style, bahkan ada yang punya audio 2 milyar. 

Lagoon Avenue Mall Surabaya selama 2 hari memang mengasyikkan. Lebih intim, tak dipanggang full sun. Bisa kuliner baik yang ber-AC maupun di luar dengan suasana alami. Ada danau buatan alias kolam yang membuat suasanya semakin elegan. Bahkan berjumpa banyak kawan baru dan lama Surabaya, walaupun sebenarnya tanpa fokus sekalipun gara-gara sambilan melirik hilir mudik para perempuan cantik yang datang ke Yoong Motor AMM Diesel Battle 2023. 

Loh apa bedanya Automotive Modified Meetup (AMM) dengan Yoong Motor AMM Diesel Battle 2023? Rupanya, “Yoong Motor AMM Diesel Battle 2023 adalah round pertama khusus diesel,” ucap Heinrich Tunky, salah satu dari 6 dedengkot AMM. 

Memandang bahwa mobil diesel sebagai salah satu objek trendi otomotif, “Dan juga dilirik generasi Z.” Sehingga tak heran, walau dibatasi tak lebih dari 100 mobil, banyak dihadiri pengunjung. Mungkin juga ada efek amplifikasi dari para peserta yang secara popularitas mobilnya melebihi keterkenalannya ketimbang sang pemiik.

Tahu enggak? DeepEnd berada di lokasi dari jam 11 hingga 22, selama 2 hari. Dinamika modifikasi mobil diesel sekarang banyak bergerak di 2 sektor yaitu permesinan dan perlampuan. 

Engine swap sesama family menjadi hal yang kadung biasa saat ini. Virusnya menjalar kemana-mana. Kencang tapi halus di kabin merupakan target yang diusung tinggi-tinggi. Sehingga tak heran, suasana kabin memang cocok buat long trip. 

Performa kudu apik sesuai konsep modifikasi. Target 300 daya kuda adalah hal yang biasa. Plug and play menjadi standar minimal pekerjaan. 

Warna-warni ruang mesin juga hiburan tersendiri bagi DeepEnd. Anodized dan colorful, bahkan ada engine bay lamp sebagai aksen dekoratif. Selang biru Samco berterbaran dimana-mana. Tapi yang paling gila sih, ada joke di diesel yaitu “Apapun modifikasinya, wajib Koyorad radiatornya”.   

Bukan perkara harmonisasi warna, sebab ini selera, melainkan kalimat kuncinya adalah yang bermain warna ruang mesin pastilah orang yang berkelindan dengan segala tetek bengek hal-hal rapi dan presisi. 

Walaupun begitu ada juga yang mengusung tema monokromatik, dengan memakai warna yang satu rumpun spektrum, atau pun yang minimalis dengan warna tabrak yang sedikit namun mengena kontras.  

Di Yoong Motor AMM Diesel Battle 2023, ada satu mobil yang ama-teramat-sangat menyita perhatian mata DeepEnd. Innova Reborn Venturer 2018 berwarna putih yang mesinnya di-swap lantas dikelimiskan via teknik wire tucked dimana perkabelan, lampu, aki dan aksesori lainnya dibikin supaya tertata rapi tanpa kelihatan sama sekali jalurnya. Bukan hanya itu, mobil milik Hartono Malie ini juga mengubah rem belakangnya dari teromol ke disc brake.   

Selain dinamika permesinan, Yoong Motor AMM Diesel Battle 2023 menegaskan bahwa tren lampu mobil (diesel), kualitas produk dan demand kastemer semakin meningkat. 

Tak hanya mengeluarkan Mini LED Projector SR3.2 (V2) dengan Triple Optic Lens, Saber juga merilis Saber SR1 Nano. Sebuah solusi penerangan tanpa merusak headlamp maupun foglampnya. Kecil-kecil macam David, bukan Goliath. Bukti bahwa yang kecil juga tak melulu dipandang sebagai sumber kelemahan. 

Asyik gila ini barang, boleh juga nanti mobil operasional DeepEnd, Sidekick Putin, memakai Saber SR1 Nano. Tinggal diselipkan dibalik grill. Tampilannya tetap enggak menganggu retro style, namun cahaya lampunya sungguh membantu. 

Sementara Yoong Motor sendiri semakin menggila dengan skill tinggi dan kini bahkan telaten menguatkan after sales servicenya. Soal inovasi, jangan ditanya lagi. Warna demon RGB dari proyektor Hyperion misalnya, oleh Yoong Motor dengan mudah sekarang bisa diganti-ganti memakai ponsel. 

Well, diesel di Surabaya sungguh berkembang pesat.
Kosmetik dan fungsi semakin berjalan beriringan.
Instalasi semakin inovatif.
Skill pun menggila.
Tangan-tangan mekanik Surabaya (dan Jawa Timur) semakin lama semakin layak dipercaya.

Kalian hebat!!!