Ajang Goodwood Festival of Speed bisa dibilang ajang dimana mobil-mobil gila diluncurkan. Mulai dari tenaga, showcase dari tuner tertentu, hingga dari merek besar yang merilis mobil disana, intinya kalau bicara Goodwood, mobilnya laju semua.

Kini giliran Hyundai yang melakukan debut di Goodwood, tentu bukan mobil komuter biasa, tetapi mobil performa tinggi, yakni Hyundai Ioniq 5 N yang sudah dirumorkan akan rilis sejak lama.

Eits, ini bukan cuma Hyundai Ioniq 5 yang diberikan dandanan kosmetik, banyak perubahan yang membuat Hyundai Ioniq 5 ini menjadi mobil ‘N’ sesungguhnya.

Pertama dari sistem penggerak sudah berbeda jauh, motor elektriknya kini bisa berputar hingga 21.000 Rpm! Menghasilkan tenaga 650 Ps pada puncaknya dan torsinya instan. Output ini dihasilkan dengan sistem inverter 2 tahap dan baterai 84 Kwh baru.

Jika Ioniq 5 yang kita temui di Indonesia hanya penggerak roda belakang (RWD), Hyundai Ioniq 5 N sudah AWD, tidak bisa dibayangkan betapa brutalnya akselerasi dari torsi instan dan gerak semua roda.

Tentunya hal ini mengundang pertanyaan baru, bagaimana dengan panas? Apalagi pada baterai dan motornya.

Hyundai rupanya sudah memikirkan hal ini, sehingga baterai dan motor elektrik sudah memiliki radiator terpisah untuk pendinginan yang lebih optimal untuk mencegah degradasi performa ketika berada di track untuk kurun waktu lama.

Tenaga tentunya percuma tanpa handling. Saking bertenaganya, sasis Hyundai Ioniq 5 N diperkuat dengan tambahan 42 titik pengelasan dan tambahan adhesif sepanjang 2.1 meter. Mounting dari baterai dan motor pun turut diperkuat.

Power steeringnya juga diubah dengan sentuhan N agar lebih responsif ketika menikung.

Untuk distribusi tenaga optimal, engineer dari Hyundai menggunakan sistem Electronic Limited Slip Differential (E-LSD) dengan 11 level agar ban bisa mendapatkan grip optimal, hal yang dipelajari Hyundai dari balap rally.

Perbedaan berikutnya ada pada velg dan kaki-kaki, sudah menggunakan velg forged alumunium 21 inci dengan ban 275/35R21 Pirelli P-Zero. Ukuran bodi pun juga berubah karena lebih ceper 20 mm, lebih lebar 50 mm untuk ban lebih lebar, dan lebih panjang 80 mm karena diffuser model baru.

Ya benar, ada perubahan aerodinamika pada Hyundai Ioniq 5 N, fasia depan memiliki ventilasi tambahan untuk pendinginan ekstra, lip spoiler untuk membantu aerodinamika, Spoiler Hyundai N, diffuser dan outlet udara untuk mengoptimalkan aerodinamika.

Interior juga tentunya berubah, jok diganti dengan model semi bucket yang lebih memeluk pengemudi ketika menikung, interiornya juga menjadi warna gelap yang lebih sporti.

Bahkan, pedal saja diubah agar lebih optimal untuk balap, pedal dibuat sedemikian rupa untuk mencegah kaki selip dari pedal.

Agar tidak bosan karena minim suara, Hyundai juga menyiapkan sistem 10 speaker N Active Sound + dan N e-shift. Intinya dengan 10 speaker tersebut, suara mesin dan ganti gigi seperti DCT bisa disimulasikan ke kabin, sehingga rasanya seperti mengemudikan mobil pembakaran internal. Tidak hanya suara, sistem N e-shift juga akan merubah kurva torsi sehingga benar-benar terasa seperti ganti gigi, akan ada hentakan yang bisa dirasakan.

Hyundai belum mengumumkan harga resmi dari mobil ini. Tapi jika diboyong ke Indonesia, apakah DeepEnder berminat?