Mitsubishi XForce secara umum memang dibuat untuk kaum yang lebih dinamis dan sporty. Mitsubishi sangat menekankan aspek ini sehingga ketika DeepEnd melakukan pengetesan selama 2 hari di Jawa Tengah pada ajang Infinite Xcitement Media Adventure, DeepEnd merasa mobil ini cukup driver oriented.
Contohnya bagaimana? Mulai dari rasa mengemudi yang lebih sporty, suspensi yang lebih rigid, posisi duduk yang cukup ergonomis, hingga fitur telemetri dan informasi terhadap mobil yang lengkap.
Pertama dari cluster 8 incinya terlebih dahulu, selain drive computer, DeepEnder bisa memantau pergerakan Active Yaw Control (AYC) dari Mitsubishi XForce secara real time. Akan ada grafik yang berubah per roda untuk menunjukkan intensitas dari aktifnya AYC. Namun pengemudi baru mungkin agak kagok menggunakan cluster ini karena terasa sedikit terlalu ramai karena layoutnya.
Kedua, mari kita beralih ke layar tengah 12.3 inci. Terdapat beragam fitur, misalnya altimeter, hingga parameter mesin dengan label “Avionic” yang didesain seperti konsol pesawat.
Pada altimeter, DeepEnd bisa mengetahui jelas kemiringan mobil, kelembaban udara, hingga ketinggian kota yang tengah DeepEnd kunjungi. Bahkan ada data historis berupa grafik garis untuk mengetahui pergerakan suhu dan ketinggian.
Kemudian untuk informasi parameter mesin, ini bahkan amat kelewat lengkap. DeepEnd bisa mudah memantau temperatur radiator, voltase aki, posisi bukaan gas, torsi yang dikeluarkan, bahkan sampai kapasitas CC per injektor per detik.
Tidak hanya itu, posisi roda ketika berbelok pun bisa terdeteksi oleh fitur parameter ini. Benar-benar totalitas dan bisa dibilang kelewat lengkap.
Setelah mengemudi pun, pengemudi akan dinilai skor mengemudinya berdasarkan beberapa hal, utamanya setir, rem dan gas. Semakin gentle nyetirnya, maka skor akan semakin bertambah.
Kalau DeepEnder senang lihat banyak angka yang berubah-berubah ketika mengemudi, menu bagian “Avionic” ini cocok banget.