Pada ajang Media Gathering 14 Maret 2023 yang dilakukan Mitsubishi Fuso, mereka sedikit membeberkan rencana-rencana mereka untuk tahun 2024. Salah satunya adalah bocoran tentang truk listrik, Mitsubishi Fuso eCanter.

Fuso eCanter ini sebenarnya sempat diperkenalkan pada tahun 2023. Namun kini pihak PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengonfirmasi akan menjual truk ini secara resmi pada Juli 2024 nanti.

Harga dan spesifikasi resminya memang belum diluncurkan. Namun DeepEnd sempat izin untuk melihat Fuso eCanter secara lebih dekat, bahkan sampai masuk ke dalam dan sedikit bereksplorasi dengan fiturnya.

Namun sebelumnya ada baiknya kita bahas sedikit asumsi spesifikasinya yang berkaca dari unit Jepang.

Dari kapasitas baterai, Mitsubishi Fuso eCanter memiliki 6 baterai berkapasitas 13,5 kWh yang artinya kapasitas total baterai dari Fuso eCanter adalah 81 kWh. Baterai ini cukup untuk menempuh klaim jarak tempuh 100 Km dengan pengujian JE05.

Terdengar kecil? Ingat ini bukanlah mobil biasa, melainkan truk yang memiliki beban berat dengan berat kotor hingga 7,5 ton dan muatan maksimal 4,2 ton. Jarak tempuh tersebut pun sejatinya besar mempertimbangkan beban dari Fuso eCanter.

Pengisian daya baterai bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu AC Charging 32A dan Quick DC Charging dengan standar CCS2.

Bicara soal tenaga, motor elektriknya dapat menghantar hingga 135 Kw atau sama dengan 180 Hp dan torsi instan 390 Nm. Transmisinya? Jelas direct drive.

Karena direct drive inilah yang membuat Fuso eCanter menjadi truk niaga ringan dengan transmisi otomatis. Tuasnya pun masih model tradisional sehingga seharusnya tidak menyebabkan orang kagok menggunakannya.

Karena sudah bahas tuas transmisi, sekalian saja DeepEnd bahas interiornya. Namun Interior Fuso eCanter yang DeepEnd masuki ini masih unit Jepang, jadi sedikit disclaimer ya, mungkin berbeda dengan unit Indonesia nantinya.

Masuk-masuk joknya model 3 penumpang, bahannya kain yang sepertinya cukup tahan lama dan terasa banget khas Jepangnya, karena memang ini unit Jepang.

Setirnya sudah modern dengan model 2 palang, bahkan sudah ada fungsi kontrol audio serta MID. Hal ini juga dikarenakan Fuso eCanter sudah menggunakan instrument cluster full LCD yang modern dan canggih.

Fungsi audio ini terhubung ke head unit 2 din yang masih berbahasa Jepang. Namun ternyata head unit ini sudah terintegrasi ke Fuso eCanter karena bisa memonitor kondisi elektrikal, status baterai, sampai penggunaan baterai.

Menariknya Fuso eCanter yang DeepEnd masuki ini tidak memiliki spion tengah, melainkan sebuah layar yang terhubung dengan kamera di belakang. Maklum saja, karena spion tengah di mobil box memang tidak ada gunanya.

Uniknya ketika melihat ke tengah, rem tangannya sudah menggunakan Electric Parking Brake (EPB). Fuso eCanter mungkin bisa jadi truk paling canggih di Indonesia saat peluncurannya nanti.

Untuk harga dan spesifikasi finalnya, harap bersabar ya, Mitsubishi Fuso sudah konfirmasi kok pada bulan Juli 2024 nanti.