Mobil JDM memang banyak dan sejatinya luas pengertiannya. Sesuai namanya, JDM berarti Japanese Domestic Market atau mobil yang hanya dijual di Jepang saja. Namun aliran ini berkembang dengan gaya ala Jepang di mobil Jepang.

Mobil JDM pun tidak semuanya mendapatkan perhatian yang sama, beberapa diantaranya termasuk underrated namun tetap patut dilirik seperti mobil-mobil berikut:

  1. Mitsubishi Starion

Berbeda dengan mitosnya, nama Starion bukanlah typo melainkan singkatan dari Star of Arion (Bintang dari Arion). Mitsubishi Starion memiliki konfigurasi turbo, penggerak roda belakang, dan desain fastback yang menawan.

  1. Infiniti Q50

Infiniti Q50 seringkali dilupakan, padahal seri Q Infiniti adalah kelanjutan dari seri Nissan Skyline. Bahkan nama Skyline lah yang digunakan di Jepang untuk mobil ini. Infiniti Q50 masih mengadopsi resep sama seperti Skyline seperti mesin turbo pada tipe tertentu, penggerak roda belakang, serta fun to drive.

  1. Toyota Starlet Glanza

Starlet Glanza sebenarnya adalah penerus dari Starlet Kapsul yang populer di Indonesia. Namun karena alasan tertentu, Toyota di Indonesia malah bablas berjualan Starlet Kapsul dimana seharusnya sudah berganti generasi. Toyota Starlet Glanza memiliki desain yang lebih kontemporer dibandingkan Starlet Kapsul. Namun keduanya tetap sama-sama manis dan sama-sama bagus.

  1. Honda City Turbo

Nama Honda City sejatinya sudah digunakan lama di Jepang, salah satu yang paling berbenak adalah Honda City Turbo. Bodi kecil dengan mesin turbo kecil ini cocok untuk di perkotaan yang padat di Jepang. Jalanan di depan lebih padat lagi? Parkir saja dan keluarkan sepeda motor lipat Honda Motocompo yang didesain untuk fit dibagasi Honda City.

  1. Subaru Legacy Wagon

Kiprah rally Subaru sebelum Impreza sejatinya dipegang oleh Subaru Legacy. Namun karena membutuhkan kelas yang lebih kompak, maka Subaru Impreza diciptakan. Subaru Legacy sendiri masih terus diproduksi dalam 2 model bodi, yakni sedan dan wagon. Namun jika bicara Subaru Legacy, wagonlah jawabannya.

  1. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R ini bukanlah versi LCGC karena program pemerintah silam. Namun unit asli dari Jepang dengan turbo dan spesifikasi yang lengkap. Sekilas memang mirip Karimun Kotak, namun menurut pengamatan DeepEnd, bodylinenya sedikit berbeda dibandingkan Karimun Kotak.

  1. Mitsubishi Pajero IO

Mitsubishi Pajero full size terlalu besar? Tenang karena di Jepang dan di beberapa negara, Mitsubishi menjual 4 ukuran Pajero, seperti Pajero, Pajero Sport (Challenger), Pajero IO, dan Pajero Mini. Kalau Pajero IO seperti yang satu ini, ditujukan untuk menjadi rival SUV medium seperti Honda CR-V maupun Toyota Rav-4.

Ada yang mau menambahkan?