Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike bertajuk Pertamina Mandalika Racing Series 2024 putaran kedua akan segera bergulir pada 25-26 Mei 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap dunia balap Tanah Air, event hasil kolaborasi PRIDE Motorsport dengan MGPA (Mandalika Grand Prix Association), IMI (Ikatan Motor Indonesia), Kemenparekraf, ITDC dan InJourney ini mendapat dukungan dari Pertamina yang sekaligus menjadi title sponsor.

Berbagai langkah terus dilakukan agar gelaran ini menjadi sebuah kompetisi bergengsi dalam membina para talenta muda serta ajang prestasi.

Salah satunya adalah dibukanya kelas baru yakni Junior Sport 150 U-15 sebagai ajang pembinaan para pembalap muda di bawah usia 15 tahun. Kelas ini dipertandingkan hasil dari respons positif para tim hingga sekolah balap yang menginginkan adanya kejuaraan khusus bagi talenta muda yang siap bertarung ke jenjang internasional.

”Kita ingin terus menghasilkan lagi para pembalap muda Indonesia, dari sebuah kejuaraan yang kompetitif sesuai regulasi serta menjunjung tinggi sportivitas hingga siap bersaing di level lebih tinggi. Karena itu, adanya kelas Junior Sport 150 U-15 bisa menjadi sarana adu kemampuan para pembalap usia muda dengan regulasi teknis yang tidak memberatkan serta biaya terjangkau. Saya harap melalui adanya kelas baru ini bisa menjadikan pembinaan pembalap-pembalap muda yang berlatih di sekolah-sekolah balap bisa terakomodasi untuk naik jenjang ke kelas berikutnya,” tukas Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat dalam konferensi pers di Sarinah, Jakarta Pusat (20/5/2024).

Seperti seri sebelumnya, Pertamina Mandalika Racing Series 2024 akan mempertandingkan kelas Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600 sebagai puncak kejuaraan tertinggi balap motor sportbike di Indonesia. Sementara tidak kalah seru adanya supporting class yakni Underbone 150, lalu Supersport 600 Community dan Superbike 1000 Community.

Selain itu, gelaran ini ditargetkan meraih penonton sebanyak 5.000 orang, dan 600.000 ribu viewers di Youtube Live streaming.