Yamaha Nmax ‘Turbo’ punya teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang menggantikan peran roller pada pulley primer.
Dengan teknologi tersebut, skutik berkapasitas 155 cc ini memiliki fitur riding mode serta Y-Shift.
Kombinasi ketiganya membuat maxi skutik ini punya sensasi akselerasi spontan seperti layaknya turbo.
Lalu cara bagaimana menggunakannya?
Pertama-tama, mari kita kenalan dulu dengan fitur riding mode. Terbagi menjadi dua, yakni T-Mode dan S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak di bagian depan setang kemudi sebelah kiri.
T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth. Sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengendara memindahkan mode dari T-Mode ke S-Mode saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik sekitar 500-1.000 rpm.
Sedangkan fitur Y-Shift dapat digunakan pengendara untuk melakukan akselerasi maupun deselerasi secara lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang ada di bagian bawah setang kemudi sebelah kiri.
Adapun cara pengoperasian fitur tersebut untuk mendapatkan akselerasi dan selerasi yang optimal adalah sebagai berikut:
Akselerasi
A. Posisi Standing Acceleration/0 km Saat Start
1. Opsi 1: membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut dengan melakukan shift 2-3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000)
Catatan: Hindai jeda terlalu lama saat melakukan shift 1-3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
2. Opsi 2: Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol Shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol Shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
3. Opsi 3: Jika dengan menekan tombol Shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.
B. Posisi Passing Acceleration/Saat Ingin Mendahului Kendaraan Atau Keluar Tikungan
1. Tutup gas, kemudian tekan Shift 1-3 kali sesuai kebutuhan
2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm)
3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan pada motor
Deselerasi
1. Tutup gas dan tekan tombol Shift 1-3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
2. Kondisi saat sebelum masuk atau ketika menikung: tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan 1-3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
3. Kondisi saat di jalanan menurun yang panjang: bisa melakukan shift secara berulang dengan menekan Shift 1-3 kali, kemudian tekan tombol Mode untuk merelease shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.
Me-release Y-Shift
1. Opsi 1: Membuka gas secara cepat.
2. Opsi 2: Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan merubah mode berkendara).
3. Opsi 3: tutup gas secara konstan.