DeepEnd-der tentu masih ingat dengan Smart, pabrikan mobil yang terkenal dengan model mungil ikoniknya, Fortwo.
Smart sendiri sebenarnya sudah pernah hadir di pasar Indonesia pada 2012-2015 silam. Setelah itu ‘menghilang’ dari persaingan otomotif Tanah Air.
Namun, di GIIAS 2024, merek subsidiari Mercedes-Benz ini comeback alias hadir kembali ke Indonesia. Kali ini disesuaikan dengan profil perusahaan sebagai produsen kendaraan premium. Jadi, Smart yang dibawa adalah BEV empat penumpang listrik dan sudah dibekali dengan parts-parts berkualitas tinggi dan premium.
Bertempat di booth-nya yang ‘menebeng’ Mercedes-Benz, Smart hanya membawa satu model saja, yakni Smart #3. Sebuah crossover SUV kompak yang ukurannya mirip dengan MINI Countryman.
Ditawarkan dalam dua varian, yakni Smart #3 Premium dan versi tuning performa tingi dari rumah modifikasi Jerman yang menghasilkan Smart #3 Brabus.
Soal spesifikasi, tenaga varian Premium didapat dari motor listrik 272 tenaga kuda dan torsi 343 Nm yang dialiri arus listrik dari baterai NCM 66 kWh untuk menggerakkan roda belakangnya. Baterai itu dapat membawanya melaju sejauh 455 km.
Sementara Brabus meningkatkan tenaganya dengan sistem penggerak seluruh roda melalui motor ganda yang menghasilkan 428 tenaga kuda dan torsi 543 Nm untuk mengebut hingga 180 km/jam dan berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Namun, daya jelajahnya harus dikorbankan menjadi 415 km.
Buat yang berminat memilikinya, harus siap-siap bersabar. Pasalnya, belum ada label harga yang disematkan untuk kedua varian Smart #3. Karena memang mereka masih ‘cek ombak’ pasar otomotif Indonesia untuk menentukan harga jualnya.
“Kami berniat melihat bagaimana pasar dan pelanggan merespons produk ini dan oleh karena itu, kami ingin memastikan bahwa meski ini adalah produk yang bagus, tetapi kami juga harus menemukan posisi yang tepat di sini,” kata Mandy Zhang, Chief Marketing Official Global Smart.
Dalam menyambut kembalinya ke Indonesia, di mana kini Mercedes telah digandeng Indomobil melalui Inchcape, Khoo Shao Tze, President Director PT Inchcape Automobile Indonesia, menjamin jaringan luas miliknya untuk membuat peminat mobil Smart merasa aman.
“Smart di Indonesia memang brand baru, tapi network ini tidak baru karena di sini ada Mercedes,” ujar Khoo Shao Tze.
Dirinya juga menuturkan bahwa kedepannya, Smart akan memanfaatkan jaringan dealer dan purnajual Mercedes-Benz yang sudah mapan, untuk menjual mobilnya dan melayani pelanggan di Indonesia.