PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melaporkan capaian penjualan mereka pada Juli 2024 lalu. Pabrikan otomotif asal Jepang ini mengungkapkan kenaikan angka retail sales sebesar 9 persen berkat produk kendaraan penumpang dan komersial mereka.
Bila dirinci, model penumpang mendapatkan kenaikan sebesar 8 persen, sedangkan model komersial kenaikannya 11 persen. Menariknya, Suzuki juga melaporkan peningkatan penjualan tertinggi dari model Baleno yang diikuti model XL7.
Baleno sanggup menorehkan peningkatan retail sales sebesar 40% sekaligus mendominasi kompetisi di segmennya.
Sedangkan New XL7 turut menciptakan 20% kenaikan, dimana mayoritas 65%nya merupakan varian hybrid.
Sebagai tambahan penguat bukti tingginya minat masyarakat kepada model kompak, pergerakan penjualan positif periode ini diikuti Grand Vitara sebesar 14% dan S-Presso sebanyak 13%.
Sementara itu, penjualan produk Suzuki di kategori hybrid terangkat 18% dengan pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid yaitu 32%, serta Grand Vitara sebanyak 14%. Kepercayaan pelanggan terhadap teknologi rendah emisi dan praktis ditunjang oleh tersedianya garansi baterai lithium-ion sepanjang 8 tahun.
Beralih ke kategori komersial, New Carry tetap menjadi andalan para pelaku usaha Indonesia. Lewat catatan penjualan, ‘Rajanya Pick-Up’ ini memperoleh pertumbuhan 11% sejak makin giatnya semangat kerja maupun aktivitas bisnis yang membutuhkan kendaraan niaga ringan dengan ketangguhan juga ongkos perawatan terjangkau.
Seluruh capaian tersebut lebih baik dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Menurut Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kondisi itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebutuhan dan juga kepercayaan.
“Pertengahan tahun seperti ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha ataupun mengantar sekolah. Kami menyadari Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif tersebut dengan tingginya value yang bisa dimiliki secara lebih terjangkau. Di sisi lain, masyarakat urban terlihat semakin condong kepada model hybrid, dibuktikan kontribusi sebesar 43% di antara seluruh penjualan mobil penumpang Suzuki selama Juli 2024,” ujarnya.