Toyota All-New Hilux Rangga resmi mengaspal di Tanah Air pada Selasa (15/10/2024).

Ia hadir sebagai pilihan baru di segmen kendaraan niaga Indonesia, dengan menawarkan solusi multifungsi bagi kebutuhan bisnis dan personal.

Lantas, seperti apa spesifikasinya?

Desain dan Dimensi

Jika dibandingkan dengan versi konsepnya yang pertama kali muncul di GIIAS 2023 lalu, desain Hilux Rangga versi produksi massal tak jauh berbeda.

Mobil ini memiliki tampilan gagah dengan bentuk yang serba mengotak. Area fascia didominasi warna hitam dengan bumper yang besar, ditambah lmapu berdesain heksagonal layaknya Land Cruiser klasik.

Yang membuatnya tampilannya unik, Hilux Rangga dilengkapi dengan bonnet, di mana mayoritas kendaraan niaga yang beredar di dalam negeri tak memilikinya.

Dengan adanya bonnet, posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda, sehingga lebih nyaman dikendarai karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi dan suspensi.

Secara dimensi, All New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, serta dek barang dibuat rata. Kendaraan niaga ini memiliki payload 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral. Pilihan 3 Way Deck juga mendukung produktivitas untuk aktivitas bongkar-muat barang yang lebih cepat, ergonomis, dan tanpa kendala.

Mesin dan Performa

Hilux Rangga hadir dengan dua pilihan mesin.

Pertama ada mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc yang menghasilkan tenaga maksimum 139 PS (137 dk) dan torsi 183 Nm.

Kedua ada mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang memproduksi tenaga maksimal 149 PS (147 dk) dan torsi 343 Nm.

Baik varian mesin bensin dan diesel mendapatkan pilihan transmisi manual 5-speed. Kemudian khusus buat varian mesin diesel, juga mendapatkan opsi transmisi otomatis 6-speed.

Fitur dan Keamanan

Masuk ke interiornya, terlihat bagian dashboard mobil ini yang punya desain lebih modern dan fungsional, juga dilengkapi berbagai fitur yang kian mendukung aktivitas pengemudi.

Posisi sistem kemudi rack and pinion seperti mobil penumpang, dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara ketika putar arah dengan radius putar hanya 4,9 m.

All New Hilux Rangga juga memiliki roof rack mounting point di atas kabin dengan payload 75 kg, diklaim jadi yang pertama di kelasnya.

Terdapat juga 8 hook pada tutup bak kiri dan kanan, termasuk 4 hook di pintu belakang untuk mengikat barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini terbilang baru untuk ukuran mobil pikap.

Untuk aspek safety, Toyota membekali Hilux Rangga dengan 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run, cabin protector, dan juga fitur ABS dan EBD pada rem cakram 14 inci di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, adanya bonnet juga mampu meredam tabrakan frontal.

Fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) turut menjadi standar di tipe High Diesel A/T yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat. Keamanan berkendara yang prima memberikan rasa tenang dan memastikan kelancaran operasional bisnis.

Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi. Menggunakan mesin, chassis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.