Ducati Panigale V4 S 7G 2025 resmi hadir di Tanah Air dalam acara peluncuran yang berlangsung di Janto Building, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2025).

Motor ini hadir dengan membawa sederet pembaruan di beberapa sektor.

Pertama tentu tampilannya yang tampak lebih segar, namun tak menghilangkan kesan sporty khas Panigale yang diperkenalkan pada 2011 silam. Desain fairing barunya mampu mengurangi hambatan aerodinamis sebesar 4%.

Sektor ergonomi pun turut disempurnakan. Desain tangki dan jok yang lebih luas memberikan ruang gerak bebas serta memudahkan posisi di fairing, dengan cekungan khusus untuk menghindari gangguan helm. Footstep pun dibuat lebih ‘masuk’ 10 mm ke dalam, sehingga kaki pengendara lebih terlindungi oleh fairing.

Berkat ‘diet’ di beberapa bagian, bobot superbike ini pun tereduksi 2 kg. Terdengar tidak banyak, bukan? Tapi tunggu dulu. Sebagai informasi, Panigale V4 S 2025 punya bobot basah (tanpa BBM) hanya 187 kg saja. Angka tersebut hanya lebih berat 5 kg saja dibanding Kawasaki Ninja ZX-25R yang memiliki berat kosong 180 kg!

Bobot seringan itu didorong oleh mesin V4 Desmosedici Stradale turunan MotoGP yang menghasilkan tenaga dahsyat sebesar 216 hp. Hebatnya, mesin powerful ini tetap lolos standar emisi Euro5+. Kalau dirasa masih kurang, tinggal pasang knalpot balap Ducati Performance by Akrapovic. Tenaga motor pun akan terkerek menjadi 228 hp.

Tenaga besar tersebut tersalurkan ke roda belakang yang ditopang oleh lengan ayun ganda Ducati Hollow Symmetrical Swingarm. Ubahan ini cukup kontroversial karena dianggap merusak desain cantik dan tradisi lengan ayun tunggal (monoarm) Ducati. Meski begitu, secara bobot ternyata lebih ringan 2,7 kg dibanding monoarm.

Pengurangan bobot motor juga disumbang oleh front frame baru yang lebih ringan 3,47 kg dan lebih kaku 40% secara lateral.

Peredam kejut dipercayakan kepada Öhlins NPX-30 fork with Öhlins Smart EC 3.0 control system (depan) dan Öhlins TTX 36 shock absorber with Öhlins Smart EC 3.0 control system (belakang), menawarkan penyesuaian lebih luas untuk kenyamanan jalan raya dan performa sirkuit.

Untuk kaki-kakinya, menggunakan velg forged aluminium yang dibalut ban Pirelli Diablo Supercorsa V4.

Lalu untuk menghentikan lajunya, pakai Brembo HypureTM monobloc callipers.

Sebagai informasi. Ducati Panigale V4 terbaru dijual dalam dua tipe, yakni V4 basic dan V4 S dengan banderol mulai dari Rp 1 miliar off the road.