Seluruh car enthusiast Tanah Air tiba-tiba dikagetkan dengan kehadiran BAIC (Beijing Automotive Industry Corporation). Brand asal China ini didirikan tahun 1958, dan kini berada di peringkat ke-162 dalam Fortune 500. BAIC adalah salah satu grup otomotif milik Pemerintah terbesar di Tiongkok yang mencakup R&D dan manufaktur kendaraan, suku cadang, perdagangan layanan otomotif, layanan perjalanan komprehensif, keuangan dan investasi.
Di Indonesia, BAIC muncul dengan 3 line up-nya yaitu BAIC BJ40 PLUS, BAIC X55 II Lite dan BAIC X55 II Prime. Walaupun di pusat, sudah begitu banyak model release hingga sedan dan mobil listrik. Desain mobil BAIC dikomandoi Anthony Lo yang resmi bergabung dengan Tim Desain BAIC sebagai Wakil Presiden Desain Global dan Chief Design Officer.
Berikut adalah 12 sesi tanya jawab untuk mengenal Anthony Lo lebih dekat:
1. Apa kesan Anda tentang BAIC?
Saya telah belajar banyak tentang perusahaan, budayanya, dan proses pengembangannya. Semua orang sangat ramah, memungkinkan saya untuk mencapai awal yang terbaik di BAIC. Saya juga menyukai lingkungan kerja di Pusat R&D yang modern, memiliki fasilitas yang baik untuk melakukan tugas desain secara efektif.
2. Apa hal yang paling menarik bagi Anda untuk bergabung dengan BAIC?
Hal yang paling menarik bagi seorang desainer untuk bergabung dengan perusahaan mobil baru adalah kebebasan untuk menciptakan arah desain baru yang akan membawa kesuksesan di masa depan. Industri otomotif Tiongkok telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak produk berkualitas tinggi dan berteknologi canggih diluncurkan oleh OEM baru dan lama. Saya merasa ini adalah saat yang tepat untuk bergabung dengan BAIC Group dan mengubah Desain menjadi kekuatan pendorong, menciptakan merek dan produk yang sukses.
3. Apa perasaan Anda saat berkomunikasi dengan tim BAIC?
Saya bertemu banyak desainer muda dan berbakat dalam dua bulan terakhir. Saya melihat semua orang berpikiran terbuka, bersedia mengekspresikan diri. Saya merasa yakin bahwa masa depan cerah setelah berinteraksi dengan tim desain muda. Mereka semua ingin perusahaan berjalan dengan baik dan akan selalu melakukan yang terbaik.
4. Mohon ungkapkan prioritas pekerjaan Anda. Misalnya, apa pekerjaan pertama tim Anda?
Prioritas saya saat ini adalah membuat strategi desain untuk merek-merek Grup BAIC. Strategi yang baik akan menjadi acuan dan panduan bagi merek dan semua produk serta layanan di dalamnya. Pekerjaan pertama di bawah kepemimpinan saya diluncurkan selama Pameran Mobil Shanghai pada tahun 2025.
5. Kapan Anda memutuskan untuk menjadi desainer?
Hong Kong memiliki budaya mobil yang unik dan banyak penggemar mobil di sana. Tumbuh besar di Hong Kong, saya dapat melihat dan merasakan banyak mobil ikonik dari Eropa. Sejak kecil, saya suka menggambar dan buku sketsa saya kebanyakan berisi gambar mobil. Dalam diskusi karier masa depan ketika saya berusia 14 tahun, saya memberi tahu guru saya bahwa saya ingin menjadi desainer mobil. Titik baliknya datang setelah lulus dari program Desain Industri di Politeknik Hong Kong, saya mendaftar dan diterima di Royal College Art untuk belajar desain mobil.
6. Dari mana inspirasi desain Anda berasal?
Saya menghadiri banyak acara mobil klasik sebagai juri di Eropa dan Amerika Serikat. Kesempatan tersebut memberi saya kesempatan untuk mempelajari sejarah merek dan masing-masing mobil melalui pemiliknya. Meskipun saya telah melihat sebagian besar mobil yang tak ternilai harganya sebelumnya, saya selalu merasa emosional saat melihatnya lagi di tempat yang berbeda. Mobil-mobil tersebut dibuat di era yang berbeda ketika peraturan keselamatan tidak begitu ketat. Namun, masih banyak yang dapat kita pelajari. Di waktu luang, saya akan mengunjungi galeri dan museum untuk menikmati pameran terbaru.
7. Apakah Anda memiliki konsep desain yang Anda yakini?
Saya percaya desain yang bagus tidak terjadi secara kebetulan. Desain mobil, seperti beberapa profesi desain lainnya, adalah kerajinan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperoleh keterampilan yang baik. Proses mendesain mobil adalah salah satu proses pengembangan kreatif yang paling rumit di dunia. Saya akan memastikan bahwa kita membuat strategi desain terlebih dahulu sebelum memulai sebuah proyek. Kita harus selalu melihat secara holistik terlebih dahulu sebelum memfokuskan diri pada program. Ini adalah satu-satunya cara untuk menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.
8. Desain kendaraan energi baru menjadi semakin homogen. Apa pendapat Anda tentang masalah ini?
Saya punya teori sendiri tentang homogenitas di beberapa kendaraan energi baru. Tidak ada desainer yang ingin meniru desain yang sudah ada. Namun, gaya terobosan akan membutuhkan waktu untuk bereksperimen dengan ide-ide baru tanpa khawatir tentang potensi kegagalan. Dalam beberapa tahun terakhir, kecepatan memasarkan menjadi prioritas sehingga waktu desain berkurang drastis. Dengan keterbatasan waktu seperti itu, desainer dan manajemen cenderung memilih desain yang aman untuk menghindari kurangnya keberhasilan di pasar. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat tim terpisah untuk fokus pada desain tingkat lanjut. Desainer dapat merasa bebas untuk mengeksplorasi peluang baru, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan di masa mendatang, dan membuat konsep baru tanpa batasan waktu. Hasilnya akan menjadi dasar program produksi di masa mendatang.
9. Apa pengaruh budaya daerah terhadap desain?
Ada dua aspek ketika melihat pengaruh budaya daerah terhadap desain. Karena desain yang baik adalah tentang menciptakan solusi baru untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, desainer perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya lokal dan tantangan yang dihadapi konsumen. Jadi aspek pertama adalah tentang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menyediakan solusi yang unik. Namun, desain ini mungkin tidak berfungsi dengan baik di wilayah lain jika solusinya terlalu berfokus pada kebutuhan lokal. Yang kedua adalah tentang mengintegrasikan budaya lokal, mungkin bagian dari sejarahnya dalam solusi desain. Ini berpotensi menciptakan produk yang akan mencerminkan budaya lokal dan menjadi ikon seiring berjalannya waktu (misalnya taksi London).
10. Mana yang lebih penting dalam bidang desain, bakat atau usaha?
Baik bakat maupun usaha sama-sama penting untuk menjadi sukses di bidang desain.
11. Dapatkah AI menggantikan…?
Peralatan AI digunakan oleh desainer, tanpa kendali penuh, untuk menghasilkan ide acak sebagai inspirasi. Kita harus memahami bahwa profesi desain adalah sebuah keahlian yang membutuhkan pelatihan bertahun-tahun agar desainer dapat menguasainya dengan baik. Pengembangan desain adalah latihan kolaboratif. AI berpotensi memengaruhi bagian penataan gaya, tetapi proses desain sangat rumit sehingga mustahil untuk mencapai hasil yang baik tanpa tim desainer, pembuat model, dan teknisi yang andal. Saya tidak percaya bahwa peralatan AI dapat menggantikan desainer dalam waktu dekat.
12. Banyak desainer Tiongkok menganggap Anda sebagai contoh. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka?
Saya menghargai bahwa para desainer menganggap saya sebagai contoh. Satu pelajaran penting yang saya pelajari ketika saya masih pemula adalah bahwa seorang desainer terkadang harus berpikir seperti seorang insinyur. Semua ide bagus Anda tidak akan berguna jika tidak layak untuk diproduksi. Pada saat yang sama, jangan terima kendala teknis yang sudah ketinggalan zaman. Kuncinya adalah menjelaskan dengan baik kepada rekan teknik Anda mengapa solusi baru sangat penting untuk keberhasilan desain Anda di masa mendatang. Kita membutuhkan solusi modern untuk memenuhi harapan pelanggan di masa mendatang. Satu hal lagi: Tim pimpinan desain memerlukan sebanyak mungkin proposal dan pendapat desain yang beragam untuk mengidentifikasi solusi terbaik. Sebagai seorang desainer, Anda perlu menetapkan pendapat Anda sendiri dan mengembangkan pendekatan desain Anda sendiri dalam proses penciptaan dan menghindari ‘mengikuti orang banyak’.