Sebelum 24 Hours of Le Mans dimulai, BMW M Team WRT menargetkan podium. Menurunkan dua BMW M Hybrid V8 di kelas Hypercar. Dimana seminggu sebelumnya, secara tradisional menjadi momen puncak bagi para penggemar Le Mans yaitu pemeriksaan teknis yang dilakukan tepat di pusat kota, dan para pembalap meluangkan banyak waktu untuk berinteraksi dengan para penggemar.
Setelah itu, BMW M Team WRT menggunakan kesempatan ini untuk menyelesaikan total 130 putaran uji coba di Circuit de la Sarthe sesuai jadwal. Dan hasilnya, dua BMW M4 GT3 EVO berhasil menempuh 125 putaran di sirkuit sepanjang 13,626 kilometer.
Di situ, ada Valentino Rossi!
Tergabung dalam tim BMW M Team WRT #46 BMW M4 GT3 EVO, bersama Kelvin van der Linde (RSA) dan Ahmad Al Harthy (OMA). Valentino Rossi antusias bilang, “Hari pertama pengujian berjalan dengan baik. Saya sangat menikmatinya; Le Mans selalu hebat. Sangat menyenangkan untuk mengendarainya, dan saya memiliki perasaan yang baik terhadap mobil tersebut. Mobil itu bekerja dengan baik. Selalu sulit untuk memahami level kami dibandingkan dengan lawan-lawan kami; masih terlalu dini. Namun, perasaan pertama ini baik. Kami harus terus bekerja untuk meningkatkan performa di beberapa area, tetapi saya senang dengan hari ini.”
Vincent Vosse (Kepala Tim, BMW M Team WRT): “Hari uji coba selalu menjadi hari penting di Le Mans, dan kami telah menempuh jarak yang sangat jauh. Sekarang mari kita analisis ini, dan kemudian kita juga akan mengetahui lebih banyak tentang masalah yang kami alami pada mobil #20. Secara keseluruhan, kami merasa senang, kami mencapai seluruh rencana balapan. Di sisi GT3, masih banyak yang harus dikerjakan. Mari kita analisis bagaimana kami dapat meningkatkannya dan kita akan lihat pada hari Rabu apa yang dapat dicapai.”
Dan hasilnya?
Kalah.
Istilahnya retirement.
Karena mechanical problem.
Jelasnya, tidak menyelesaikan balapan 24 Hours of Le Mans 2025 karena masalah kelistrikan yang memaksa mereka pensiun sebelum pertengahan balapan. Masalah tersebut terjadi di Porsche Curves, yang menyebabkan mobil kehilangan tenaga dan akhirnya pensiun di gravel. Ini adalah tahun kedua berturut-turut Rossi tidak menyelesaikan balapan, setelah pensiun karena kecelakaan di tengah hujan tahun lalu.
Tahun depan gas lagi, Ros.