DeepEnd heran deh sama Daihatsu Indonesia. Tawaran mobil-mobilnya hanya Rocky yang agak modern, sisanya Sigra, Xenio, Terios dan lainnya sangat common things. Padahal di Jepangnya, ada yang namanya Tanto yang sudah terjual sebanyak 3 juta unit per 31 Mei 2025. Bisa enggak sih mobil seperti ini dijual di sini?! Ayolah berubah sedikit sudut pandangnya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2003, Tanto telah memelopori genre baru kendaraan ekstra-ruang. Ini adalah kendaraan mini pertama, biasa disebut Kei-car, yang dilengkapi Miracle Open Door dan telah diterima dengan baik oleh berbagai macam pelanggan, mulai dari mereka yang memiliki anak-anak hingga warga senior.

Generasi keempat saat ini, yang diluncurkan pada bulan Juli 2019, adalah model pertama yang mengadopsi pendekatan Daihatsu terhadap generasi baru manufaktur mobil, Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dan telah berevolusi secara signifikan dalam fungsi dan performa.

Tanto Fan Cross ditambahkan pada tahun 2022, dan dengan gaya yang mengekspresikan getaran aktif dan ketangguhan serta fitur-fitur eksklusif, kendaraan ini memenuhi kebutuhan pelanggan yang berorientasi pada kegiatan luar ruangan yang terus berkembang.

Selain itu, Daihatsu juga menawarkan kendaraan kesejahteraan yang dirancang untuk berbagai kebutuhan pelanggan, seperti Tanto Welcome Seat Lift dan Tanto Sloper, yang memanfaatkan bukaan lebar Miracle Open Door.

Melihat akumulasi penjualan ini, Daihatsu akan terus bekerja pada MONODUKURI dan KOTODUKURI untuk mewujudkan masyarakat mobilitas yang memperkaya kehidupan pelanggan.


Sejarah Daihatsu Tanto:
November 2003: Model generasi pertama diluncurkan (kendaraan mini pertama dengan ruang ekstra).
Desember 2007: Model generasi kedua diluncurkan (penggunaan Miracle Open Door).
Desember 2009: Tanto Exe diluncurkan (sudah dihentikan).
Oktober 2011: Penjualan kumulatif mencapai 1 juta unit di Jepang.
Oktober 2013: Model generasi ketiga diluncurkan (penggunaan Smart Assist dan perluasan penggunaan komponen plastik eksterior).
Oktober 2017: Penjualan kumulatif mencapai 2 juta unit di Jepang.
Juli 2019: Model generasi keempat diluncurkan (model DNGA pertama).
Oktober 2022: Perubahan kecil (penambahan Tanto Fan Cross) yang terus berkembang. Selain itu, Daihatsu juga menawarkan kendaraan kesejahteraan yang dirancang untuk berbagai kebutuhan pelanggan, seperti Tanto Welcome Seat Lift dan Tanto Sloper, yang memanfaatkan bukaan lebar Miracle Open Door.