PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia bikin gebrakan unik di GIIAS 2025 lewat kolaborasi bareng Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF). Mengusung tema “New Buzz in Life”, booth VW di Hall 3A ICE BSD jadi pusat perhatian berkat aksi live painting langsung di mobil listrik mereka, Volkswagen ID.BUZZ!
Dua kreator lokal keren dari program EKRAF, yaitu Beemala dan Tenka Street didaulat untuk mengubah bodi ID.BUZZ jadi karya seni hidup. Prosesnya dilakukan langsung selama pameran berlangsung, dan hasil akhirnya bakal diresmikan 1 Agustus 2025. Jadi, pengunjung bisa menyaksikan proses kreatifnya dari awal sampai akhir.
Tak berhenti di situ, ada juga kompetisi desain ID.BUZZ terbuka untuk talenta muda Indonesia. Para finalis akan disaring dari seniman binaan EKRAF, dan karya terbaiknya diumumkan akhir tahun. Tujuannya? Menyalakan semangat kreatif di industri otomotif dan lifestyle!
VW juga menyiapkan EKRAF Corner, ruang khusus untuk menampilkan karya-karya kreatif lainnya. Booth ini bukan cuma ajang pamer mobil, tapi juga wadah eksplorasi seni, desain, dan cerita yang punya kedekatan dengan masyarakat Indonesia.
“Kolaborasi Volkswagen dengan IP Beemala Tenka yang seperti hidden gem jadi contoh kolaborasi kreatif lintas sektor, termasuk dengan otomotif. Sebagai The New Engine of Growth, Kementerian EKRAF akan terus membawa kolaborasi nyata, membawa pejuang kreatif untuk dikenal dan berdampak di nasional hingga kancah global,” ujar Irene Umar, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Kerennya lagi, hadir pula kolaborasi dengan Filosofi Kopi yang setia dengan VW Kombi-nya. Ada van kopi, merchandise eksklusif, dan suasana cozy buat ngopi sambil ngobrol.