Akhir Juli 2025, Corvette mencetak rekor baru yang agak terbatas. Melalui ZR1X dan ZR1 Chervolet Corvette menjadi mobil tercepat dari pabrikan Amerika. Chevrolet Corvette ZR1X sanggup 06:49.275, sedangkan Chevrolet Corvette ZR1 yang bisa meraih 06:50.763.

Corvette di Nürburgring semuanya merupakan kendaraan spek produksi AS, dengan satu-satunya modifikasi adalah perlengkapan keselamatan yang direkomendasikan oleh pihak sirkuit. Perlengkapan ini meliputi roll hoop, kursi balap dengan pengaman penuh, alat pemadam kebakaran, dan sabuk pengaman enam titik. Ketiganya mencatatkan waktu putaran untuk kategori Prototipe/Pra-Produksi, karena ZR1 dan ZR1X tidak dijual di Eropa dan Z06 merupakan varian Amerika Utara.

Sirkuit balap Nurburgring Nordschleife dijadikan rujukan utama untuk uji lap time mobil karena mempunyai tantangan teknis paling lengkap, sebab dengan panjang 20,8 km dan lebih dari 150 tikungan, perubahan elevasi ekstrem (sekitar 300 meter), dan variasi permukaan jalan, membuat mobil bisa diuji dalam segala aspek yaitu handling, akselerasi, pengereman, grip, aerodinamika, dan daya tahan. Maka jika mobil bisa cepat dan stabil di sini, kemungkinan besar akan unggul di mana saja.

Maka, pencatatan waktu di Nürburgring adalah kunci keberhasilan di mata pabrikan mobil dan konsumen. Data dari Nürburgring sangat berharga untuk engineering refinement dan kalibrasi sistem elektronik, termasuk traction control, rem regeneratif (untuk EV), dan gearbox otomatis.

Lap time di Nürburgring tidak selalu rutin dalam arti jadwal tetap. Namun nyaris semua pabrikan besar melakukan sesi lap time saat akan meluncurkan model baru, mengembangkan varian performa, ingin memecahkan rekor segmen (misalnya SUV tercepat, EV tercepat, mobil manual tercepat), dan menguji penyempurnaan teknis dalam fase pre-production.

“Fastest Nürburgring Lap” di segmen tertentu bisa jadi headline besar untuk brosur, review, atau kampanye digital, sehingga menjadi senjata Pemasaran (Marketing Weapon) yag ampuh. Terlebih…, konsumen sportscar sangat memperhatikan rekor ini.

Rekor pemegang rekor fastest lap time di Nurburgring Nordschleife (semua kategori, termasuk non-produksi) adalah Timo Bernhard (Porsche 919 Hybrid Evo) dengan catatan 5:19.546 menit pada 29 Juni 2018. Porsche 919 Hybrid Evo bukan mobil jalan raya, melainkan mobil balap Le Mans (LMP1) yang dimodifikasi tanpa batas regulasi FIA. Memiliki tenaga gabungan lebih dari 1.160 PS, aerodinamika ekstrem, dan bobot ringan, yang membuatnya suskes memecahkan rekor 35 tahun sebelumnya milik Stefan Bellof (6:11.13 di tahun 1983).

Walau begitu, Nürburgring sebagai pengelola tidak mencatat atau memverifikasi semua lap time secara resmi. Mereka menyediakan sesi khusus bernama “Industry Pool” untuk pengujian pabrikan secara eksklusif dan profesional (bukan publik). Tidak ada badan resmi seperti Guinness atau FIA yang mengesahkan semua rekor Nurburgring, semua itu tergantung transparansi, dokumentasi video, dan kredibilitas pabrikan atau media.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, berikut 8 teratas :

#Time Vehicle Category
1. 06:29.090 Mercedes-AMG One Super Sports Car


2. 06:43.300 Porsche 911 GT2 RS Manthey Performance Kit Sports Car


3. 06:44.749 Porsche 911 GT2 RS MR Modified Vehicles


4. 06:48.047 Mercedes-AMG GT Black Series Sports Car


5. 06:49.275 Chevrolet Corvette ZR1X Prototypes/Pre-Production Vehicles


6. 06:49.328 Porsche 911 GT3 RS Sports Car


7. 06:50.763 Chevrolet Corvette ZR1 Prototypes/Pre-Production Vehicles


8. 06:52.072 Ford Mustang GTD Sports Car

Dari ke-8 mobil ini, mana yang DeepEnder paling suka?