Toyota kembali membuktikan keseriusannya di jalur mobilitas ramah lingkungan. Lewat ajang Anugerah Ekonomi Hijau 2025 yang digelar Detikcom (14/8), PT Toyota-Astra Motor (TAM) sukses meraih penghargaan kategori “Inovasi Variasi Elektrifikasi Kendaraan”.
Apresiasi ini jadi pengakuan atas strategi Multi Pathway Toyota, yakni pendekatan menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi agar semua kalangan bisa ikut berkontribusi mengurangi emisi, tanpa harus mengorbankan gaya hidup atau preferensi mobil masing-masing.
“Strategi Multi Pathway yang kami terapkan telah membawa kami berada di jalur yang tepat dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia dan Toyota Environmental Challenge 2050. Ke depan, Toyota akan terus menghadirkan pilihan kendaraan elektrifikasi yang inklusif dan terjangkau, agar seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta dalam upaya pengurangan emisi dan membangun masa depan yang lebih baik,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
Dari Hybrid sampai Fuel Cell, Semua Ada
Dalam visi Beyond Zero, Toyota menghadirkan empat opsi elektrifikasi:
- HEV (Hybrid Electric Vehicle), favorit di masa transisi energi.
- BEV (Battery Electric Vehicle), yang mulai diterima pasar.
- PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), gabungan keunggulan HEV & BEV.
- FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle), andalkan hidrogen sebagai energi alternatif.
Salah satu bintang di kategori hybrid tentu saja Kijang Innova Zenix HEV yang laris manis di pasar domestik.
Ekosistem xEV yang Lengkap
Toyota tak hanya menjual mobil, tapi juga membangun ekosistem pendukung. Saat ini ada 358 dealer resmi di seluruh Indonesia, dilengkapi bengkel dengan teknisi bersertifikat, jaminan suku cadang asli, layanan Toyota Mobile Service (TMS) dan Emergency Roadside Assistance (ERA).
Bagi pemilik BEV dan PHEV, Toyota menyediakan 113 charging spot gratis di dealer, mal, hingga rest area tol. Ada juga fasilitas parkir gratis di beberapa pusat perbelanjaan, plus garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km.
“Bersama jaringan value chain yang kredibel, kami ingin memastikan pelanggan dapat berkendara nyaman dan nyaman, sekaligus berkontribusi langsung pada terciptanya Net Zero Emission di Indonesia,” tutup Ernando.