Toyota Gazoo Racing (TGR) kembali membangkitkan nostalgia pecinta otomotif klasik dengan kabar menggembirakan! Bagian mesin legendaris 4A-GE yang menjadi jantung Corolla Levin dan Sprinter Trueno (AE86) akan diproduksi ulang.
Langkah ini merupakan bagian dari GR Heritage Parts Project, sebuah inisiatif Toyota untuk menghidupkan kembali suku cadang yang sudah lama dihentikan produksinya. Dari logonya sudah jelas, ada penambahan wording “Heritage Parts” di sebelah kanan logo GR.
Proyek ini hadir demi menjawab keinginan para pemilik mobil klasik Toyota agar tetap bisa menjaga mobil kesayangannya dalam kondisi terbaik. Hingga kini, lebih dari 200 parts untuk delapan model mobil telah diproduksi ulang, dan kini giliran AE86 yang kembali mendapat sorotan.
Apa saja yang diproduksi ulang? Dua komponen vital yang akan hadir kembali adalah cylinder head sub-assembly dan cylinder block sub-assembly untuk mesin 4A-GE. Meski mempertahankan desain dan spesifikasi orisinal, keduanya telah dimodernisasi dengan teknologi manufaktur terbaru, material yang lebih tangguh, serta simulasi canggih demi meningkatkan ketahanan.
1. Cylinder Head Sub-Assembly
– Ruang bakar kini memiliki proses machining tambahan untuk menyamakan kompresi antar mesin.
– Saluran intake dilapisi coating untuk mengurangi ketidakteraturan permukaan.
– Cam cap knock pins kini dipasang menyeluruh demi mempermudah proses perakitan.
2. Cylinder Block Sub-Assembly
– Dinding silinder melalui proses honing modern, membuat presisi lebih tinggi.
– Material besi cor dengan rigiditas lebih baik meningkatkan daya tahan.
– Struktur crank-cap dimodifikasi lewat simulasi untuk memperkuat ketahanan.
– Tambahan boss dan rib memungkinkan pemasangan mesin ini tak hanya pada AE86, tapi juga pada mobil berpenggerak roda depan.
Toyota tak hanya menghadirkan kembali komponen lama, tapi juga memperhatikan suara penggemar. Beberapa port intake dan exhaust kini didesain dengan dinding lebih tebal sesuai permintaan pengguna. Tak berhenti di situ, AE86 yang sudah dipulihkan dengan parts GR Heritage dan menggunakan mesin rakitan telah dipamerkan di Initial D 30th Anniversary 2days di Fuji Speedway pada 13–14 September 2025.
Di acara tersebut, pengunjung menjadi yang pertama melakukan preorder cylinder head dan block baru ini langsung di booth GR Heritage Parts. Selepas periode preorder, informasi ketersediaan dan pemesanan akan diumumkan melalui situs resmi GR Heritage Parts.
Bagi banyak penggemar otomotif, AE86 bukan sekadar mobil, ia adalah ikon. Dari jalanan hingga layar manga dan anime, terutama Initial D, mobil ini mengukir sejarah dalam budaya pop dan motorsport. Kini, dengan hadirnya kembali jantung mekanis 4A-GE lewat GR Heritage Parts Project, TGR memberikan kesempatan emas bagi generasi baru maupun lama untuk kembali merasakan sensasi berkendara ala “Hachiroku” dengan performa yang segar.
Dengan langkah ini, Toyota sekali lagi menunjukkan bahwa mobil klasik tak hanya untuk dikenang, tapi juga untuk terus dijalankan, menjadi penghubung antara masa lalu, kini, dan masa depan.
Bagaimana dengan car enthusiast di Indonesia? Masihkah memiliki statement bahwa modernisasi di mobil klasik adalah tabu? Mohon dipertimbangkan ulang.