Honda kembali menunjukkan taringnya di ajang SEMA Show. Tahun ini, mereka tak hanya datang bawa mobil keren, tapi juga membawa semangat yang jadi DNA mereka: “From Track to Street.”

Lewat divisi balap Honda Racing Corporation (HRC), mereka memajang delapan kendaraan performa, mulai dari mobil balap, SUV konsep, sampai model produksi berperforma tinggi. Semuanya jadi bukti bagaimana pengalaman HRC di lintasan balap bisa “ditransfer” langsung ke jalan raya.

Bayangkan, dari reli sampai sirkuit, dari SUV off-road sampai sport sedan, semua menunjukkan satu benang merah: apa yang lahir di arena balap, kini bisa Anda rasakan di aspal harian.

Civic Type R HRC Rally XP, Si Sedan yang Terjun ke Lumpur

Salah satu bintang di booth Honda kali ini adalah Civic Type R HRC Rally XP, mobil reli berbasis Civic Type R yang sudah diuji langsung oleh pembalap profesional Liam Lawson di Texas.

Mobil ini hasil kolaborasi HRC dengan Rally Ready, dan siap tarung di kelas 2WD American Rally Association (ARA). Di balik tampilannya yang agresif, banyak banget parts HRC yang disematkan: camber/caster plates, oil cooler kit, intercooler, radiator reverse cooling, clutch plate differential, sampai suspensi reli dan hood vents.

Belum cukup? Ada juga komponen prototipe seperti rem khusus, handbrake hidrolik karbon, knalpot custom, dan subframe tubular, semua disiapkan buat performa maksimal di medan ekstrem.

Passport TrailSport HRC Concept: SUV Serius Buat Main Kotor

Kalau Anda lebih suka tantangan off-road, Honda juga bawa Passport TrailSport HRC Concept. Basisnya SUV Passport, tapi sudah diberi suspensi lebih tinggi 60 mm, ban lebih besar, pelindung bodi ekstra, rock slider, roof rack dengan kanopi, dan kompresor udara built-in.

Warna matte Thermal Orange plus interior Alcantara dengan sentuhan HRC bikin tampilannya tangguh tapi tetap classy. Cocok buat Anda yang pengin gaya adventure tapi tetap “Honda banget.”

Integra Type S HRC Prototype: Dari Sirkuit ke Jalan Raya

Masih di jalur performa tinggi, ada Acura Integra Type S HRC Prototype yang mengusung velg forged ringan hasil adopsi dari mobil balap Acura ARX-06, lengkap dengan paket suspensi dan aerodinamika baru.

Model ini jadi contoh nyata filosofi “From Track to Street” alias bagaimana teknologi balap benar-benar dihadirkan untuk konsumen.

Baja, Super GT, hingga IndyCar

Tak kalah menarik, Honda juga memamerkan Baja Passport Race Truck bermesin V6 twin-turbo buatan HRC yang baru saja finis kedua di Baja 500, dan siap berlaga di Baja 1000 bulan ini.

Dari dunia sirkuit, ada Civic Type R Super GT Racecar yang untuk pertama kalinya hadir di Amerika Serikat, plus Civic Type R TCR Racecar yang digunakan di ajang IMSA Michelin Pilot Challenge.

Dan jangan lewatkan IndyCar milik Alex Palou, yang mengantarkan sang pembalap merebut gelar juara dunia IndyCar 2025. Di area Acura, juga ada ARX-06 IMSA GTP Prototype, mobil hybrid elektrik dengan tiga gelar IMSA Prototype dan tiga kemenangan Rolex 24 Daytona!

Lebih dari Sekadar Mobil

HRC juga membawa sederet komponen prototipe yang bikin fans Honda makin ngiler, mulai dari velg forged ringan, suspensi upgrade, aksesori overlanding, hingga pelumas performa tinggi HRC Formula R yang debut perdana di SEMA tahun ini.

Sebagai penghormatan terhadap sejarah, mereka juga menampilkan model skala 1:8 Honda F1 RA272, mobil legendaris yang memberi kemenangan pertama Honda di Formula 1 pada 1965.

Buat para fans, ada lini pakaian dan aksesori HRC Originals yang siap bikin Anda tampil racing di luar lintasan.

“Selama lebih dari 30 tahun, HRC US telah memenangkan banyak kejuaraan di lintasan maupun off-road. Kini kami ingin membawa pengalaman itu ke dalam pengembangan suku cadang performa untuk kendaraan jalan raya. Tujuan kami sederhana: menciptakan komponen yang bukan hanya keren secara tampilan, tapi benar-benar meningkatkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggemar Honda dan Acura,” tutur Jon Ikeda, Wakil Presiden Senior HRC US.