Tampaknya tahun 2020 lagi-lagi memberikan kabar buruk. Setelah sebelumnya IIMS dibatalkan, kini acara otomotif masif yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober hingga 1 November 2020, GIIAS, juga harus dibatalkan.

Memang kenyataan agak sulit diterima, aneh rasanya karena tahun ini sama sekali tidak ada acara pameran otomotif besar yang biasanya ditunggu dengan antusiasme yang tinggi.

Tapi, rasanya melihat-lihat kendaraan tidak sebanding dibandingkan kesehatan, apalagi nyawa. Ingat, kasus Covid-19 di Indonesia sudah melampaui angka 100.000 dengan jumlah korban meninggal yang tidak kecil. Tampaknya agak riskan jika menyelenggarakan acara yang besar, bisa-bisa menjadi klaster baru.

Nah, tapi ada kabar baik, Gaikindo berencana untuk menyelenggarakan GAIKINDO Jakarta Auto Week di Jakarta Convention Center pada 21 sampai 29 November 2020 dengan konsep yang berbeda, bisa dibilang ini menggantikan GIIAS tetapi skalanya lebih kecil.

Nantinya, acara ini akan menggunakan keseluruhan area JCC sebesar kurang lebih 30.000 meter persegi. Acara ini pun ditargetkan untuk didatangi oleh 250.000 pengunjung selama kurun waktu 9 hari tersebut, tentunya dengan protokol kesehatan.

“Penyelenggaraan pameran akan tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19, yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar tetap aman,” tutur Rizwan, ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Meskipun dibatasi, tetap saja diharapkan hasil yang maksimal dari acara ini agar dapat memulihkan pencapaian industri. Hasil tersebut ditargetkan untuk dicapai dengan beberapa strategi seperti cashback, promo bundling, hingga live auction.

 “Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week nanti,” tutup Yohannes Nangoi.

Untuk mengetahui kabar lebih lanjut dari acara ini, dapat diakses melalui instagram @JakartaAutoWeek .

Tentunya, GIIAS juga tidak dihentikan. Pada tahun 2021, Gaikindo akan kembali menyelenggarakan GIIAS di BSD.