Toyota tak terasa sudah hadir selama 50 tahun di Indonesia dengan beragam produknya. Untuk merayakannya, Toyota menghadirkan semangat Mobility Happiness for All untuk memenuhi kebutuhan mobilitas seluruh masyarakat yang beragam.
“Kami ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, baik dari pelanggan setia Toyota, masyarakat, maupun pemerintah, yang memegang peran penting dalam perkembangan Toyota dalam 50 tahun di Indonesia. Kami bersyukur Toyota dapat berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif nasional dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia. Ke depannya, kami tidak hanya akan menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, namun juga solusi mobilitas yang enjoyable dan personalized,” ujar Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor.
Salah satu unsur semangat tersebut adalah mendukung pemulihan industri otomotif Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menghadiri Indonesia International Motor Show alias IIMS 2021 yang diselenggarakan pada 15—25 April 2021, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.
“Keikutsertaan pada ajang IIMS 2021 ini menjadi sangat spesial bagi Toyota karena bertepatan dengan peringatan 50 tahun Toyota Indonesia. Kami juga ingin meneguhkan komitmen untuk selalu menghadirkan Total Mobility Solution dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan mendukung pemulihan industi otomotif nasional, serta keinginan positif pemerintah untuk percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.
Toyota juga benign menghadirkan solusi total dalam urusan mobilitas. Salah satu aksi yang sudah dilaksanakan adalah program layanan berbasis usership yaitu KINTO ONE, layanan kepemilikan melalui program Deal Cermat dan Spektakuler, dan trade-in melalui Toyota Trust, serta berbagai program aftersales lainnya.
Agar akses konsumen semakin mudah, dihadirkanlah layanan berbasis digital seperti website https//www.toyota.astra.co.id , Chatbot Toyota, mobile app mTOYOTA, dan Halobeng, serta aplikasi di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube Channel.
Bahkan sejka Januari 2021, Toyota telah menghadirkan Toyota Live Showroom yang juga menjadi bagian upaya memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa pandemi saat ini.
Tak hanya berfokus pada urusan mobilitas, Toyota juga kini sedang fokus dalam urusan elektrifikasi dengan beberapa program, misalnya project EV Smart Mobility di Bali.
Dalam proyek tersebut, Toyota menyiapkan 3 line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.
Proyek ini juga diharapkan dapat memulihkan kondisi pariwisata di Bali yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.
“Di Indonesia, Toyota memiliki teknologi yang lengkap untuk kendaraan elektrifikasi, baik Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), maupun Battery Electric Vehicle (BEV). Bahkan di global, juga terdapat pilihan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) seperti Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen. Toyota berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan pilihan produk yang semakin lengkap, tapi juga makin mempopulerkan teknologi elektrifikasi pada masyarakat luas agar pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi ini juga meningkat,” kata Henry.
Tidak hanya memperkenalkannya di Bali, Toyota menghadirkan 10 unit kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi seperti Toyota COMS dan Toyota C+pod yang berbasis BEV, yang juga telah digunakan untuk mendukung program EV Smart Mobility di Nusa Dua Bali pada hari pembukaan IIMS 2021.
Kemudian, ada juga C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV yang berbasis teknologi HEV, serta Toyota Prius yang berbasis PHEV.
Pada booth IIMS tersebut juga, Toyota menghadirkan Toyota Kijang Innova limited edition dalam rangka merayakan HUT ke-50 Toyota yang sebelumnya pernah kami bahas.
Booth yang berada di Hall D1 JIExpo ini juga menghadirkan setidaknya 11 untit kendaraan yang dibagi menjadi 4 zona, yaitu:
-
Adventure Zone :
Fortuner 4×2 TRD A/T Diesel, Rush TRD A/T, Veloz A/T, Avanza G A/T
-
Fun to Drive Zone :
Agya TRD A/T, Yaris TRD A/T
-
Electrification Zone :
Corolla Cross HEV, C+Pod
-
Family Zone :
Kijang Innova V A/T, Sienta Welcab, Calya G A/T
Dalam acara ini, Toyota juga menghadirkan berbagai promo seperti program Spektakuler yaitu 25% low rate untuk Agya dan Calya dengan tenor 4—5 tahun, free installment mulai dari Rp 2,8 juta untuk Calya khusus di bulan April dan Mei, 3,7% low rate untuk Corolla Cross gasoline. Selain itu ada juga promo menarik lainnya dari KINTO ONE, Deal Cermat, dan cashback trade-in selama bulan Juni.
Ada juga promo purna jual seperti mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic. Pelanggan yang melakukan pembelian paket servis berkala TMO Brake Cleaner dan TMO Cabin Disinfectant selama bulan April 2021 juga bisa mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic.
Lalu, Bagi pelanggan yang melakukan transaksi secara online di IIMS, maka akan mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic. Pelanggan yang melakukan pembelian paket servis berkala TMO Brake Cleaner dan TMO Cabin Disinfectant selama bulan April 2021 juga bisa mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic.
Sehingga jika pelanggan melakukan kedua hal tersebut, maka mereka bisa mendapatkan total gratis 2 liter oli di bengkel Toyota. Selain itu, pelanggan otomatis berkesempatan mengikuti Lucky Draw Spesial Apresiasi 50 Tahun Toyota Indonesia berhadiah total 50 Batang Emas.